0

Anna Cendana

25 May 2022 - 5 min read

10 Kuliner Legendaris Bandung Buat Makan Sambil Bernostalgia

Kota Kembang merupakan salah satu destinasi favorit warga ibu kota dan sekitarnya. Selain karena dekat, Bandung juga dianggap sebagai surga kulinernya para foodie. Tak hanya tempat makan kekinian, kota ini juga punya banyak tempat makan melegenda. Apa saja kuliner legendaris Bandung yang paling direkomendasikan? Simak terus ulasannya.

Siap kulineran sambil bernostalgia di Kota Kembang? Agar kamu tidak menyesal salah pilih tempat, simak rekomendasi tempat makan legendaris di Bandung berikut ini.

1. Sumber Hidangan

Foto hanya sebagai ilustrasi

Salah satu jenis kuliner legendaris yang boleh dilewatkan di bandung adalah aneka roti super harum dan es krim lezat di Sumber Hidangan. Kedai ini sudah dari tahun 1929 dan masih berada di lokasi yang sama semenjak pertama kali buka.

Banyak pilihan roti dan es krim dengan cita rasa autentik yang bisa kamu nikmati di Sumber Hidangan. Bahkan beberapa nama kudapan yang ditawarkan masih menggunakan bahasa Belanda, seperti Moorkoppen, Tomoesjes, Hagelslag, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Braga 20-22, Sumur Bandung, Bandung

2. Toko You

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bagi kamu pecinta mi, jangan lewatkan kuliner legendaris Bandung yang satu ini. Toko You merupakan rumah makan yang khusus menyajikan hidangan khas Tionghoa dan beberapa menu nusantara. Kalau kamu berkunjung kemari, sempatkan untuk mencoba menu andalannya yakni yamien yang disajidkan dengan pangsit, siomay, dan bakso.

Menurut kabar, Toko You sudah mulai beroperasi sejak kemerdekaan Indonesia, tepatnya sekitar tahun 1947. Meski pengelola tempat makan ini sudah berpindah-pindah tangan, cita rasa setiap menunya masih terjaga sampai sekarang. Hal ini agar para pengunjung bisa mencicipi kelezatan kuliner khas tempo dulu.

Alamat: Jl. Hasanudin 12, Lebakgede, Coblong, Bandung

3. Lotek Kalipah Apo 42

Foto hanya sebagai ilustrasi

Buat kamu yang mengaku pecinta makanan Sunda khususnya lotek, pastikan untuk tidak melewatkan kuliner legendaris Bandung yang satu ini. Lotek Kalipah Apo 42 merupakan warung lotek yang usut punya usut sudah ada sejak 1953.

Kedai lotek ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat jam makan siang. Meski hampir tujuh dekade beroperasi, kelezatan saus kacangnya yang khas masih terjaga keautentikannya. Di sini kamu bisa bebas memilih jenis sayurannya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa menu tambahan seperti tempe goreng dan lontong.

Alamat: Jl. Kalipah Apo 42, Astanaanyar, Bandung

4. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bandoengsche Melk Centrale atau BMC merupakan sentral susu segar di Bandung yang sudah beroperasi sejak tahun 1928. Pusat susu ini menyajikan aneka jenis hidangan berbahan dasar susu, seperti susu segar, yoghurt kocok, pina colada, es krim, dan lain sebagainya.

Selain menu minuman, ada juga hidangan berat yang tak kalah lezat seperti nasi pepes, gado-gado, nasi bakar, sop buntut, steak, dan masih banyak lagi. Sedang menghindari makanan berat? BMC menyajikan kudapan seperti crème brulee, klappertaart, dan aneka pastry yang bisa kamu nikmati di dalam bangunan dengan gaya kolonialnya yang kental.

Alamat: Jl. Aceh 30, Babakan Ciamis, Bandung

5. Warung Nasi Bu Eha

Foto hanya sebagai ilustrasi

Mencicipi kuliner legendaris Bandung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Warung Nasi Bu Eha misalnya, tempat makan yang melegenda ini menjajakan menu makanan yang ramah di kantong. Berdiri sejak 1947, warung ini termasuk tempat makan yang spesial karena pernah dikungjungi oleh presiden pertama Indonesia.

Di sini kamu bisa menikmati hidangan khas rumahan yang kamu pilih sendiri. Beberapa menu andalannya seperti urap, pepes ikan, gepuk daging, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin mencoba menu rumahan yang legendaris di Warung Nasi Bu Eha, kamu bisa datang ke Pasar Cihapit. Walaupun berada di dalam pasar, kebersihan warung makan ini selalu terjaga, lho.

Alamat: Pasar Cihapit, Bandung Wetan, Bandung

6. Roti Bakar Gempol

Foto hanya sebagai ilustrasi

Roti Bakar Gempol merupakan solusi bagi kamu yang ingin mencoba kuliner legendaris Bandung yang tidak terlalu berat. Kedai roti ini kabarnya sudah mulai beroperasi sejak 1958. Bahkan hingga sekarang, roti bakar di tempat ini tetap menjadi salah satu kedai roti bakar paling enak di seluruh penjuru Kota Bandung.

Kedai roti bakar yang tak pernah sepi pembeli ini menawarkan aneka ragam topping. Suka roti bakar gurih? Kamu bisa memilih topping telur, keju, dan daging. Kalau kamu pecinta manis, topping keju dan cokelat bisa menjadi pilihanmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih roti putih biasa atau roti gandum. Jangan lupa juga untuk memesan sambalnya yang khas sebagai teman makan roti bakar gurih.

Alamat: Jl. Gempol Wetan 14, Citarum, Bandung

7. Warung Kopi Purnama

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia dengan seribu kedai kopi. Mulai dari kopi kekinian hingga warung kopi melegenda, semua ada di sini. Salah satu yang paling legendaris adalah Warung Kopi Purnama yang sudah berdiri sejak 1930. Warung ini awalnya dikenal dengan sebutan “Chang Chong Se” yang artinya “selamat mencoba”.

Kopitiam ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mencari menu sarapan atau sekedar ingin ngemil sambil berbincang-bincang bersama orang terdekat. Jangan lupa untuk mencoba menu andalannya seperti kopi hitam dan roti dengan selai srikayanya yang khas. Bila kamu suka mengabadikan momen, janga lupa berfoto di kedai kopi klasik ini juga, ya!

Alamat: Jl. Alkateri 22, Braga, Bandung

8. Rumah Makan Linggarjati

Foto hanya sebagai ilustrasi

Satu lagi kedai yamien yang menjadi kuliner legendaris Bandung, yakni Rumah Makan Linggarjati. Dari luar, warung ini memang tak jauh berbeda dari tempat makan lainnya. Namun tak ada yang menyangka jika tempat ini sudah ada sejak tahun 1950. Meski disebut rumah makan, tempat ini dikenal dengan dua menu legendarisnya, yaitu es alpukat dan yamien.

Untuk mendapatkan pengalaman rasa yang tak terlupakan, cobalah memesan yamien asin dan manis. Jangan lupa juga untuk memesan pelengkapnya seperti babat, daging ayam, bakso, kikil dan masih banyak lagi.

9. Toko Roti Sidodadi

Foto hanya sebagai ilustrasi

Liburan ke Bandung tak akan lengkap tanpa mencicipi roti-roti lembut di Toko Roti Sidodadi. Kedai ini masuk ke dalam daftar kuliner legendaris Bandung karena sudah berdiri sejak 1954. Selain itu, keaslian rasanya juga masih terjaga, sama seperti saat pertama kali toko ini buka.

Ada banyak sekali pilihan roti dengan berbagai isian yang bisa kamu pilih. Mulai dari isi selai srikaya, keju, kornet, stroberi, dan masih banyak lagi. Selain roti, kedai ini juga menyajikan kue-kue basah tradisional Harganya pun bisa dibilang terjangkau, yakni mulai dari Rp3.000 per biji.

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata 255, Astanaanyar, Bandung

10. Mie Naripan

Bagi kamu penggemar olahan mi, Mie Naripan wajib masuk ke daftar kuliner Bandung yang harus kamu kunjungi. Warung ini sudah menjajakan mi yamien sejak tahun 1965. Meski terdengar sangat jadul, rasa semangkuk yamien di Mie Naripan tetap tak berubah. Bahkan kini menjadi salah satu kedai yamien terfavorit bagi masyarakat lokal hingga luar kota.

Salah satu menu yang menjadi incaran adalah yamien non-halal. Selain yamien, ada pula menu lain yang wajib untuk dicoba, seperti bihun, bubur ayam, nasi goreng, dan bakso kuah. Tak hanya lezat, menu-menu di sini disajikan dalam porsi jumbo, lho.

Bagaimana? Ingin mencoba salah satu atau beberapa kuliner legendaris Bandung yang baru saja diulas?

Bila kamu tertarik mengunjungi Kota Kembang dan mencicipi kelezatan kulinernya yang melegenda, jangan lupa untuk menyiapkan akomodasinya terlebih dahulu bersama Traveloka. Download aplikasinya untuk mendapatkan berbagai tawaran menarik.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan