0

Cari Kuliner Halal Bali? Coba 9 Rekomendasi Ini!

Ingin jalan-jalan di Bali tanpa pusing memilih makanan halal? Tempat makan halal bisa menjadi solusi. Kamu bisa menikmati kuliner halal di Bali tanpa harus susah-payah menyeleksi menu. Pilihan tempat makannya juga beragam, mulai dari kedai nasi murah hingga restoran dan kafe trendi. Tersebar di berbagai area populer di Bali, kumpulan tempat makan ini tidak hanya halal, tetapi juga enak dan kaya rasa.

Inilah sembilan rekomendasi untuk yang ingin makan enak dan halal di Bali!

1. Warung Nasi Bali Made Weti

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Warung Nasi Bali Made Weti adalah salah satu tempat sarapan wajib di dekat Pantai Segara Ayu di Sanur. Buka sejak pukul 07:30 pagi, warung ini terkenal dengan hidangan nasi campur ala Bali yang murah, halal, dan memiliki porsi memuaskan. Hidangan khasnya adalah nasi campur Bali yang terdiri dari urap Bali, potongan ayam betutu, dan telur pindang. Hidangan sampingannya antara lain kelapa parut bakar, emping, kuah kuning, sate lilit, dan kulit ayam.

Warung Nasi Bali Made Weti sudah ada sejak tahun 1970-an dan telah menjadi tempat makan murah legendaris di Sanur. Walau baru buka pukul 07:30, kamu sebaiknya datang sekitar setengah jam sebelumnya karena antreannya cukup panjang.

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Jika kamu penggemar ayam yang mencari kuliner halal di Bali, jangan lewatkan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Ide restoran legendaris ini berawal dari Ibu Mangku yang menjajakan nasi ayam secara berkeliling di Desa Kedewatan, Ubud, sejak tahun 1963. Setelah 18 tahun, Ibu Mangku membuka restoran pertamanya di Kedewatan. Olahan nasi ayam halal dipilih untuk melayani pengunjung Muslim yang ragu makan nasi campur di Bali.

Sajian lengkap nasi ayam di restoran ini terdiri dari nasi putih, ayam betutu, telur pindang, sate lilit, urap, kacang, dan kuah betutu di mangkuk terpisah. Restoran ini begitu populer sehingga kini muncul cabang di Seminyak dan Renon, Denpasar. Konsep restoran yang menggunakan desain tradisional serta suasana asri membuat acara makan lebih menyenangkan.

3. Halal Ubud Burger

Halal Ubud Burger adalah kedai burger di Jalan Raya Ubud. Selain menghidangkan burger dan makanan lain yang dijamin halal, kedai ini tidak menyediakan alkohol. Suasana santai di bangunan dua lantai setengah terbuka membuat Halal Ubud Burger cocok sebagai tempat makan sekaligus nongkrong.

Menu Halal Ubud Burger cukup bervariasi, misalnya burger daging sapi klasik, burger dengan bawang bombay, burger keju, burger ikan, burger ayam, dan bahkan burger vegetarian. Jika ingin menu lain, kamu bisa memesan aneka sandwich, sup, kentang goreng, salad, dan aneka minuman kopi, teh, jus, serta milkshake.

Keunggulan lainnya untuk pengunjung Muslim? Halal Ubud Burger menyediakan tempat salat yang cukup nyaman.

4. Nasi Pecel Bu Tinuk

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Sedang di Kuta dan ingin makan kenyang tetapi murah? Datang saja ke Nasi Pecel Bu Tinuk. Berlokasi di Jalan Raya Tuban, Nasi Pecel Bu Tinuk terkenal di kalangan turis sebagai tempat makan murah dan enak. Kedai pecel ini berkonsep prasmanan dan terletak di bangunan dua lantai separuh terbuka. Cocok untuk makan bersama keluarga atau teman sambil nongkrong santai.

Menu kedai Nasi Pecel Bu Tinuk berkonsep pecel ala Jawa. Kamu bisa memilih di antara beragam lauk seperti tempe bacem, ayam goreng, tahu santan, empal goreng, dan telur. Ada juga hidangan mengenyangkan lain seperti sup buntut dan soto ayam.

Nasi Pecel Bu Tinuk cukup populer sebagai menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Akan tetapi, tempat ini biasanya cukup ramai menjelang jam makan siang, jadi pastikan datang lebih awal jika tidak ingin mengantre.

5. Bho Bho Thai

Kuliner halal di Bali ternyata juga terinspirasi dari makanan Thailand. Bho Bho Thai adalah restoran masakan Thailand di Legian yang mengusung konsep halal. Interiornya cukup sederhana dan kisaran harganya masih cukup terjangkau untuk pengunjung lokal. Suasananya cocok untuk makan bersama keluarga.

Bho Bho Thai menyajikan makanan Thailand populer, mulai dari salad mangga muda yang pedas dan segar, sup tom yum yang berempah, hingga kari hijau. Ingin menutup acara makan dengan hidangan manis? Jangan lupa pesan mango sticky rice, ketan yang dihidangkan bersama santan dan mangga manis.

6. Bale Udang Mang Engking

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bale Udang Mang Engking adalah salah satu restoran paling ikonik di Ubud dan Sunset Road, Kuta, dan sudah pasti halal! Restoran ini menawarkan pengalaman makan di balai-balai bambu yang dibangun di atas kolam ikan dan dikelilingi kebun asri. Sesuai namanya, menu khas di sini adalah aneka macam udang, mulai dari udang saus Padang, udang bakar, hingga udang goreng tepung.

Ingin menikmati berbagai hidangan udang dalam satu sajian? Pesanlah menu istimewa “Hurang Ageung”, yaitu tiga macam menu udang lengkap dengan sayur dalam satu sajian. Pastikan kamu tidak sendirian; Hurang Ageung porsinya cukup untuk empat orang! Setelah makan, jangan lupa menikmati hidangan penutup sederhana tetapi lezat, seperti pisang goreng keju dan es krim goreng.

7. Sup Ikan Warung Mak Beng

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Warung Mak Beng adalah kedai legendaris di Jalan Hang Tuah di Sanur, dengan menu utama sup ikan kaya rempah. Bagian depan warungnya terlihat sederhana tetapi unik, lengkap dengan pagar batu ala Bali dan patung yang terlihat kontras dengan bangunan serba kayunya. Akan tetapi, warung ini memiliki reputasi di kalangan warga lokal dan turis karena sudah ada sejak tahun 1941.

Uniknya, menu warung ini benar-benar hanya berupa sup kepala ikan serta ikan goreng dan nasi putih. Supnya terkenal dengan rempah khas Bali yang gurih, segar, dan sedikit pedas. Ikan yang digunakan adalah hasil tangkapan nelayan sekitar, misalnya tenggiri, cakalang, dan kakap.

8. Raja’s Balinese Restaurant

kuliner halal bali

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bagi yang punya anggaran lebih saat berburu kuliner halal di Bali, cobalah Raja’s Balinese Restaurant di Nusa Dua. Atmosfer dan penyajian makanannya cukup mewah tetapi dengan nuansa Bali yang masih kental. Menu ala Bali seperti bebek betutu dan sate lilit disajikan secara halal. Ada juga hidangan penutup unik seperti Rayun Penyineb Bali Sane Kasub, yaitu perpaduan antara ketan dengan puding kacang hijau, santan, pisang goreng, dan kue dadar pandan dengan nangka dan gula merah.

9. Queen’s Tandoor

Queen’s Tandoor adalah salah satu rajanya restoran India di Bali. Berlokasi di Seminyak, restoran ini tidak hanya halal, tetapi juga otentik. Kamu bisa mencicipi hidangan dari berbagai penjuru India, seperti nasi biryani, pani puri, butter chicken, dan hidangan penutup seperti gulab jamun.

Jadikan pengalaman berburu kuliner halal di Bali lebih menyenangkan dengan Traveloka. Kamu bisa menemukan tiket pesawat dan penginapan di Bali sesuai budget-mu. Transaksinya aman dan mudah, lengkap dengan beragam penawaran yang tidak boleh kamu lewatkan. Download aplikasi untuk pesan tiket dan hotelmu sekarang juga di Traveloka untuk wisata kuliner menyenangkan di Bali!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan