0

Anna Cendana

22 Sep 2022 - 5 min read

10 Kuliner Terenak dan Legendaris Dekat Alun-Alun Bandung

Liburan ke Bandung tidak lengkap jika tidak main ke alun-alunnya. Alun-alun Bandung menjadi salah satu ikon Kota Kembang ini. Di sini kamu bisa bersantai dan menikmati keindahan Kota Bandung.

Salah satu daya tarik alun-alun Bandung adalah kuliner yang ada di sekitarnya. Ada banyak pilihan kuliner di sekitar alun-alun ini, mulai dari makanan ringan sampai makanan yang berat.

Di sekitar alun-alun Kota Bandung juga terdapat banyak kafe dan tempat nongkrong anak muda dengan vibes yang cukup kekinian. Ada juga restoran-restoran legendaris yang wajib kamu kunjungi ketika berada di sini.

Wisata kuliner alun-alun Bandung sangat beragam. Bahkan ada banyak restoran dan kafe legendaris di sekitar alun-alun ini. Berikut ini adalah rekomendasi kuliner terbaik yang ada di sekitar alun-alun Kota Bandung.

1. Sate DJ

Sumber: Instagram @satedj276

Ingin makan sate di Bandung? Kamu bisa datang ke warung Sate DJ yang tidak jauh dari alun-alun. Sate di sini hampir mirip dengan sate taichan, hanya saja rasanya lebih gurih.

Rasa gurih dari sate berasal dari bumbu rahasia yang dipakaikan sebelum sate dibakar. Dijamin kamu bakal ketagihan makan sate di sini. Tempat ini menyediakan tiga jenis sate yaitu sate ayam, kambing, dan sapi.

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.276, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Jam Buka : 10.00-01.00 WIB, khusus hari Kamis buka jam 09.00 - 01.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp1.500,- per tusuk

2. Warung Kopi Purnama

Sumber: Instagram @warungkopipurnama

Ingin merasakan kopi dan makanan alun-alun Bandung tempo dulu? Kamu bisa langsung datang ke Warung Kopi Purnama.

Lokasi warung ini ada di gang sempit yang tidak jauh dari alun-alun. Kamu yang ingin datang ke sini bisa memarkir kendaraan di alun-alun lalu berjalan kaki menuju ke tempat ini.

Menu wajib yang harus kamu pesan adalah kopitiam dan roti selai srikaya. Menu ini sudah sangat legendaris dan mempunyai cita rasa legit yang bikin nagih. Tempat ini cocok untuk sarapan maupun nongkrong bersama teman.

Alamat : Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 06.30-21.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp15.000,-

3. Sumber Hidangan

kuliner alun-alun Bandung

Sumber: G-Maps @Rachmanto

Di dekat alun-alun Kota Bandung juga terdapat toko kue klasik yang wajib kamu coba, yaitu Sumber Hidangan. Toko ini sudah ada sejak tahun 1929 dan terkenal dengan rasa rotinya yang khas.

Menu roti paling recommended di sini adalah croissant, bitterballen, dan chocolade rotsjes. Kamu bisa menikmati kue ini sambil bersantai di toko ini. Di tempat ini kamu bisa menikmati arsitektur Belanda zaman dulu sambil melihat berbagai barang vintage yang terpajang di sana. Vibes-nya klasik banget, deh!

Alamat : Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 09.30-15.30 WIB, hari Minggu tutup
Harga Makanan : Mulai dari Rp20.000,-

4. Bakmi Parahyangan

Sumber: G-Maps @Welldone ID

Salah satu kuliner alun-alun Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bakmi Parahyangan. Bakmi ini sudah ada sejak 1975 dan sampai sekarang masih bertahan dengan cita rasa yang khas.

Menu andalan di sini adalah Bakmi Yamin dengan berbagai pilihan topping. Sedangkan minuman paling recommended di sini adalah es teler. Kamu wajib pesan menu-menu andalan warga Bandung ini saat mampir ke sini.

Alamat : Jl. Dalem Kaum No.12, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
Jam Buka : 08.00-20.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp25.000,-

5. Warung Nasi Ibu Imas

kuliner alun-alun Bandung

Sumber: Instagram @warungnasi_ibuimas

Sedang di alun-alun Kota Bandung dan ingin makan makanan khas Sunda? Kamu bisa langsung datang ke Warung Nasi Ibu Imas. Warung ini termasuk warung legendaris Bandung karena sudah ada sejak tahun 1980.

Menu paling favorit di sini adalah ayam goreng sambal dadak. Jangan lupa untuk pesan karedok leunca karena rasanya sangat enak.

Alamat : Jl. Balonggede No.48, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
Jam Buka : 07.00-19.00 WIB
Harga Makanan: Mulai dari Rp20.000,-

6. Ayam Bakar C’Mar

kuliner alun-alun Bandung

Sumber: G-Maps @P. Danu Putra

Tempat makan dekat alun-alun Bandung yang sudah terkenal enak salah satunya adalah Ayam Bakar C’Mar. Kamu bisa datang ke sini untuk makan siang maupun makan malam.

Ada banyak menu olahan ayam di sini, salah satu yang paling recommended adalah ati ampela dan ceker dengan sambal. Selain itu, kamu juga bisa pesan minuman khas Sunda yaitu bajigur.

Alamat : Jalan Lengkong Besar No. 3C
Jam Buka : 11.30 - 21.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp5.000,-

7. Rasa Bakery and Cafe

Sumber: Instagram @rasabakerycafe

Ingin nongkrong di cafe dekat alun-alun Bandung? Kamu bisa memilih Rasa Bakery and Cafe. Tempat ini merupakan salah satu kafe legendaris Bandung yang sudah ada sejak 1910.

Kafe ini sangat nyaman dengan suasana klasik. Selain itu, ada banyak pilihan menu seperti es krim, bitterballen, dan menu lainnya. Menu paling direkomendasikan di sini adalah es krim Coconut Royale yang menggunakan mangkuk dari kelapa muda.

Alamat : Jl. Tamblong No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 08.00-22.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp25.000,-

8. Wedang Ronde Alkateri

Sumber: Instagram @nenk_allapurnama

Untuk menghangatkan badan di alun-alun Bandung pada saat malam hari bisa kamu minum wedang ronde. Salah satu wedang ronde terenak di sini adalah Wedang Ronde Alkateri.

Rasa jahe dari wedang ini sangat kuat dengan cita rasa khas yang enak. Kamu wajib datang ke tempat ini untuk menghangat tubuh di malam hari ketika berada di Bandung.

Alamat : Jl. Alkateri No.01, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 18.00 - 22.00 WIB, hari Minggu tutup
Harga Makanan : Mulai dari Rp20.000,-

9. Mie Rica Kejaksaan

Sumber: Instagram @miericakejaksaanofficial

Kamu tentu sudah tidak asing bukan dengan Mie Rica Kejaksaan ini? Mie ini merupakan salah satu kuliner terkenal di Bandung yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun. Namun mie ini termasuk nonhalal karena ada topping daging babinya.

Mie ini sangat terkenal dan wajib kamu coba ketika berkunjung ke Bandung. Lokasinya juga strategis dan mudah untuk dijangkau.

Alamat : Jl. Kejaksaan No.7, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 08.00 - 18.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp40.000,-

10. Braga Permai

Sumber: Instagram @bragapermaibandung

Restoran dekat alun-alun Kota Bandung yang sudah sangat legendaris salah satunya adalah Braga Permai. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1918 dengan nama Maison Bogerijen.

Di sini kamu bisa makan makanan khas Bandung dan mencicipi kuliner autentik Belanda. Salah satu menu recommended di sini adalah es krim dengan 6 pilihan rasa. Selain itu, ada juga kue khas Belanda yang wajib kamu coba.

Alamat : Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka : 07.00-22.00 WIB
Harga Makanan : Mulai dari Rp40.000,-

Banyak bukan, wisata kuliner yang ada di sekitar alun-alun Bandung? Agar jalan-jalan di Bandung lebih menyenangkan, kamu bisa pesan hotel dekat alun-alun di Traveloka. Dengan Traveloka liburanmu akan lebih seru dan yang pasti praktis. Ayo download aplikasinya sekarang juga!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan