0

Anna Cendana

11 Oct 2022 - 5 min read

Lagi Hits, 11 Tempat Kuliner Petak Enam di Chandra Wajib Kamu Coba

Hi! Lagi cari tempat makan hits selanjutnya untuk dimasukkan ke dalam wishlist? Ternyata nggak jauh, Glodok punya tempat hits yang wajib kamu datangi. Untuk kamu yang suka icip-icip, kawasan Petak Enam di Chandra bisa masuk referensi wisata kuliner kamu, lho.

Sebelum kamu merasakan semua pilihan kuliner yang tersedia, kamu sebaiknya tahu dulu sejarah Petak Enam. Nama Petak Enam sendiri erat kaitannya dengan sejarah Glodok yang mayoritas berupa bangunan rumah petak. Oleh karena itu, kamu pasti pernah mendengar tentang Petak Sembilan.

Nah, Petak Enam ini, menurut developer-nya, bisa saja dulunya adalah rumah petak yang keenam. Bangunan yang digunakan untuk kulineran di Petak Enam pun juga syarat akan percampuran budaya atau cultural melting point.

Pengunjung bisa melihat dan merasakan kentalnya unsur oriental, ciri khas arsitektur Belanda, dan personality Jakarta. Cukup tentang sejarah dan gaya bangunannya, sekarang saatnya me-review destinasi kuliner di gedung Chandra, Petak Enam.

1. Pempek Eirin

Salah satu makanan legendaris Petak Enam adalah pempek yang ada di kedai Pempek Eirin. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1981. Cukup legendaris, bukan?

Salah satu alasan kenapa pempek ini tidak pernah sepi pengunjung adalah bahan dan rasanya yang autentik. Semua yang dijual di kedai ini semuanya terbuat dari ikan tenggiri, sehingga cita rasanya terjaga. Selain menjual pempek, kamu juga bisa menyantap rujak mie dan es kacang merah.

Nama tempat

Pempek Eirin

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

10.00-18.00 setiap hari

Harga makanan

Mulai Rp7.000

2. Wo Ai Pao

Sudah pernah merasakan bakpao panggang? Kalau belum makan kamu harus mencoba Wo Ai Pao. Salah satu menu Petak Enam halal ini bisa kamu dapatkan di lantai 1.

Selain keunikan bakpao panggangnya, kamu bisa memilih isian yang kamu sukai, seperti kacang merah, ayam lada hitam, dan ayam madu. Jajanan khas Taiwan ini cocok untuk kamu yang sedang mencari makanan pengganjal perut selama keliling Petak Enam.

Nama tempat

Wo Ai

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

09.00-17.00 (Sabtu-Minggu)07.00-17.00 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Rp22.000

3. Kwetiau Mama Tjoa

Bicara soal makanan khas pecinan, rasanya ada yang kurang kalau belum menyebutkan kwetiau. Untuk kamu pecinta mie dan bihun goreng, kamu harus mencoba Kwetiau Mama Tjoa.

Seperti namanya, destinasi kuliner yang satu ini mengangkat kwetiau sebagai menu utamanya. Nah, ada berbagai topping yang bisa kamu nikmati bersama hidangan yang satu ini, seperti daging sapi, ayam, dan telur. Tersedia juga lomie, bihun, dan jenis mie lainnya.

Nama tempat

Kwetiatu Mama Tjoa

Alamat

Petak Enam Lantai 2

Jam buka

09.30-20.00 (Sabtu-Minggu)09.30-19.00 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Mulai Rp29.000

4. Pizza Plano

Untuk para penggemar pizza, kamu harus mengunjungi Pizza Plano. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam pizza dengan banyak topping dan rasa. Mulai dari yang super klasik hingga pizza modern, kamu bisa membelinya di Pizza Plano.

Kedai yang satu ini juga menampilkan beberapa pilihan untuk kamu yang vegetarian, diet gluten, dan lain sebagainya. Selain pizza, kamu pun bisa menikmati beragam hidangan pasta – seru, kan

Nama tempat

Pizza Plano

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

08.00-20.00 (Sabtu-Minggu)10.00-20.00 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Mulai Rp40.000

5. Cempedak Goreng Cik Lina

Untuk kamu yang mencari kuliner Glodok halal namun unik maka kamu bisa ke kedai Cik Lina. Di tempat ini kamu akan menemukan cempedak goreng khas yang sudah melegenda. Cik Lina sendiri sudah buka sejak tahun 90-an dan selama ini memang hanya menjual cempedak.

Meskipun begitu, kedai yang satu ini tidak pernah sepi. Bahkan banyak sekali pengunjung dari luar kota yang datang ke Petak Enam hanya untuk merasakan sensasi legit cempedak goreng dengan siraman kuah gula merah.

Nama tempat

Cempedak Goreng Cik Lina

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

10.00-17.00 (Senin-Jumat)9.30-17.00 (Sabtu)9.30-19.30 (Minggu)

Harga makanan

Mulai Rp20.000

6. Count Three Southern Food and Creamery

Nama dari tempat yang satu ini sangat menggambarkan hidangan kulinernya, yaitu masakan khas western. Selain makanan, kamu bisa menikmati berbagai es krim yang sangat creamy dan lembut.

Mulai dari rasa vanila yang klasik hingga salted caramel yang kekinian, semua bisa kamu temukan di sini. Untuk menemani agenda menyantap es krim, kamu bisa mencoba menu burger yang ada di Count Three Southern Food and Creamery. Kamu juga bisa memilih bun untuk burgermu, lho.

Nama tempat

Count Three Southern Food and Creamery

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

08.00-20.00 (Sabtu-Minggu)10.00-20.00 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Mulai Rp30.000

7. Laksatiam

Ya, benar sekali, ini merupakan destinasi kuliner dengan menu khas Singapura. Kamu bisa menemukan berbagai hidangan favoritmu dari Singapura di sini. Namun hidangan yang ditawarkan di kedai ini tidak menggunakan santan sama sekali.

Laksa, tentu saja, menjadi hidangan utama yang ditawarkan oleh Laksatiam. Kamu pun bisa memilih topping untuk menikmati hidangan kesukaanmu di sini.

Nama tempat

Laksatiam

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

08.00-18.30 (Sabtu-Minggu)10.00-18.30 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Mulai Rp35.000

8. HoLai

HoLai merupakan masakan peranakan Tionghoa-Melayu yang bisa kamu nikmati di Petak Enam. Seperti menu lain di list, semua yang ada di sini dijamin halal – tidak mengandung babi dan tanpa alkohol.

Selain menawarkan nasi campur Petak Enam yang cukup mengundang minat, menu andalan HoLai adalah kwetiau gosong yang bisa kamu nikmati dengan ayam maupun daging sapi.

Kalau kamu ingin mencoba makanan yang lebih berat, kedai yang satu ini juga menyajikan laksa, chicken wing, rendang, dan lain sebagainya.

Nama tempat

Holai

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

08.00-21.00 (Sabtu-Minggu)10.00-21.00 (Senin-Jumat)

Harga makanan

Mulai Rp32.000

9. Soto Betawi H Mamat

Petak Enam menjadi tempat berkumpulnya banyak kultur dan pengunjungnya pun berasal dari berbagai kalangan, bahkan luar kota. Hal ini juga bisa kamu lihat dari pilihan makanan yang dijual, salah satunya adalah Soto Betawi Haji Mamat.

Soto yang satu ini sangat legendaris dan sudah merintis popularitas sejak tahun 60-an. Jangan lewatkan menikmati soto kuah santan super nikmat sambil mengagumi keindahan gedung Chandra di Petak Enam.

Nama tempat

Soto Betawi H Mamat

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

10.00-10.00 setiap hari

Harga makanan

Rp37.000

10. Pieces of Peace

Apabila dibandingkan dengan nama kedai lain, kedai yang satu ini terdengar cukup western. Nah, menu utama dari tempat ini adalah teh dan kamu akan merasakan vibe Tionghoa yang sangat kental ketika berkunjung.

Seperti namanya, suasana di kedai ini sangat tenang. Selain menikmati teh, kamu juga punya kesempatan untuk melihat proses penyeduhannya. Setidaknya ada 30 jenis teh yang dijual di tempat ini, yang masing-masing bisa kamu cicipi kalau masih bingung mau pesan yang mana.

Nama tempat

Pieces of Peace

Alamat

Petak Enam Lantai 2

Jam buka

10.00-18.00 setiap hari

Harga makanan

Mulai Rp50.000

11. Kuotie Shantung Ling

Salah satu makanan enak Petak Enam yang harus kamu coba adalah Kuotie Shantung Ling. Kuotie sendiri merupakan jajanan khas Tionghoa yang mirip gyoza atau pangsit basah dengan sentuhan internasional.

Kulit luar kuotie terbuat dari kulit pangsit sedangkan dalamnya penuh berisi daging cincang. Di negara asalnya, kuotie diisi dengan daging babi cincang namun di Petak Enam, Shantung Ling hanya menjual isian udang dan ayam – halal dan muslim-friendly.

Nama tempat

Kuotie Shantung Ling

Alamat

Petak Enam Lantai 1

Jam buka

10.00-20.00 setiap hari

Harga makanan

Rp60.000

Keliling Jakarta Bersama Traveloka

Pusat kuliner yang ada di Petak Enam punya nama yang cukup mendunia. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak pengunjung yang datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk mencicipi kuliner khas pecinan yang sudah melegenda.

Nah, kalau kamu juga salah satu dari pengunjung dari luar kota, sebaiknya kamu merencanakan kunjungan kali ini sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan booking hotel di Traveloka. Rencanakan di mana kamu akan menginap sehingga liburanmu di Jakarta dan sekitarnya kali ini tetap seru!

Yuk download aplikasi Traveloka dan jelajahi Jakarta dan seisinya dengan nyaman!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan