0

Erika Silviana

16 Oct 2019 - 8 min read

13 Tempat Makan di Jakarta Ini Punya Menu Enak dan Murah

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta dikenal memiliki biaya hidup yang cukup mahal. Tak heran apabila harga makanan di Jakarta relatif lebih mahal dibanding kota-kota lain di Indonesia. Meski begitu, kamu masih bisa menemukan makanan yang enak dan murah jika pandai mencarinya. Penasaran di mana saja tempat makan di Jakarta tersebut? Yuk, cek langsung daftar rekomendasi yang memiliki menu enak dan murah!

1. Kerang Kiloan Pak Rudi

Photo Credit: @kerangpakrudi

Bagi kamu penyuka kerang, tempat makan di Jakarta satu ini tidak boleh dilewatkan. Telah berdiri selama hampir 20 tahun, street food merupakan pelopor tempat makan kerang di Jakarta yang terkenal dengan antrean panjangnya. Di sini, kamu bisa menikmati aneka kerang, mulai dari kerang hijau, kerang bulu, kerang dara, hingga kerang kapak.

Tempat makan kerang yang berlokasi di Jalan Tebet Timur Raya No 43 ini menawarkan kerang dengan variasi harga terjangkau, mulai dari Rp12.000 hingga Rp96.000. Dengan begitu, kamu pun bisa makan kerang yang enak dengan harga sesuai kondisi kantong. Jika ingin mencoba hidangan kerang di sini, kamu bisa datang pukul 17:00 – 00:00 setiap harinya.

2. Mujigae

Photo Credit: @mujigaeresto

Mencicipi kuliner khas Korea Selatan saat tanggal tua bisa jadi pilihan yang tepat. Mengusung slogan “The First Halal Korean Resto in Indonesia”, Mujigae hadir dengan pilihan menu Korea yang halal. Hadir dengan konsep mini grill portable untuk menyajikan bulgogi(daging olah yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah) atau BBQ, kamu bisa menikmati makanan ala Korea Selatan dengan cara unik.

Tempat makan dengan harga menu rata-rata di bawah Rp100.000 ini memiliki beberapa cabang. Beberapa di antaranya berada di Mal Kelapa Gading 3, Mal Ciputra Jakarta, dan Mall@Bassura. Menu-menu andalan Mujigae adalah bokkeumbap, ramyun, jigae, jajangmyeon, dan tteokbokki. Tempat makan enak dan murah ini bisa kamu kunjungi pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya.

3. Bakmi Bangka Awat

Photo Credit: @foodandcookoftheworld

Tempat makan yang berlokasi di Jalan Raya Pelepah Indah, Kelapa Gading ini menawarkan beragam menu bakmi lezat dengan harga murah. Menu andalannya mulai dari bakmi, bihun, hingga kwetiau bisa kamu santap dengan harga sekitar Rp20.000 saja. Berbagai menu lezat lainnya seperti pangsit, bakso sapi, tahu kok, fukian (sejenis otak-otak tenggiri), dan bakso ikan juga dijual dengan harga mulai dari Rp22.000 saja.

Meski berjualan di ruko kecil, tempat makan di Jakarta ini selalu ramai pengunjung. Mi yang dijual memang memiliki rasa lezat yang khas, sehingga membuat banyak orang ketagihan. Daging cincang yang ditambahkan dalam mangkuk juga membuat bakmi lebih nikmat disantap. Penasaran dengan kenikmatan bakmi ini? Datanglah ke Bakmi Bangka Awat yang buka pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya.

4. Roti Bakar Eddy

Photo Credit: @risdiantiedi

Berawal dari sebuah roti bakar kaki lima di Jalan Sisingamangaraja (dekat Universitas Al Azhar Indonesia), Roti Bakar Eddy kini menjadi salah satu tempat makan legendaris di Jakarta. Hal ini dikarenakan pemilik terus menjaga kualitas rasa roti bakar yang dijualnya. Menu andalannya berupa roti bakar berbagai rasa dijual dengan harga sekitar Rp12.000 – Rp15.000 saja.

Selain roti bakar, kamu juga bisa memesan bubur ayam, mi instan, dan nasi uduk. Harganya pun murah, hampir semuanya di bawah Rp20.000. Jika ingin mencoba makanannya, kedai roti yang berdiri sejak tahun 1971 ini sudah membuka beberapa cabang di Jakarta. Salah satu yang bisa kamu kunjungi berada di Jalan Raden Patah, Blok M. Tempat makan ini buka pukul 18:00 – 02:30 setiap harinya.

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Photo Credit: @amazingindonesiafood

Kamu yang suka makan nasi goreng pasti sudah tak asing dengan tempat ini. Tempat makan di Jakarta yang selalu ramai pengunjung ini menawarkan menu andalan nasi goreng kambing dengan harga sekitar Rp37.000 per porsi. Selain rasa yang gurih nikmat, tempat makan yang berlokasi di Jalan Kebon Sirih Raya ini memiliki cara masak yang cukup unik, yaitu dimasak menggunakan wajan besar.

Selain nasi goreng kambing, ada juga menu sup kambing seharga Rp40.000 per porsi yang juga menjadi salah satu menu favorit pengunjung. Di sini, kamu bisa mendapat pesanan dengan cepat dan lokasinya pun cukup nyaman. Jika kamu tertarik, kamu bisa datang setiap hari pukul 16:00 – 03:00.

6. Sate Maranggi Ibu Yayah

Jika kamu tertarik mencoba kuliner khas kota lain di Jakarta, cobalah kunjungi Sate Maranggi Ibu Yayah. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Laboratorium No 3, Jakarta Selatan ini menawarkan menu sate khas Purwakarta. Harganya pun cukup bersahabat, mulai dari Rp20.000 saja.

Di sini, ada tiga jenis sate yang bisa kamu nikmati yaitu sate ayam, sate kambing, dan sate sapi tanpa lemak. Potongan dagingnya cukup besar dan empuk, ditambah dengan bumbu gurih yang meresap hingga ke dalam daging. Menu sate yang disajikan pun dilengkapi bumbu kacang dan acar, sehingga semakin nikmat untuk kamu santap. Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang pukul 08:30 – 20:30 (Senin – Sabtu).

7. Warung Nagih

Photo Credit: @warungnagih

Kamu yang tinggal di sekitar Jakarta Selatan pastinya sudah tidak asing dengan tempat makan enak dan murah satu ini. Warung Nagih menawarkan menu utama berupa roti bakar dengan beragam pilihan topping, mulai dari cokelat, keju, hingga aneka selai. Harganya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp7.000 – Rp26.000.

Tak hanya roti bakar, tempat makan di Jalan Kapten Tendean No 41, Mampang Prapatan ini juga menawarkan berbagai menu lain seperti pisang bakar, roti canai, mi instan, hingga dim sum. Selain makanan yang enak dan memiliki harga terjangkau, Warung Nagih Jakarta juga menyediakan tempat yang nyaman untuk nongkrong. Jadi, di sini kamu bisa bersantai sambil makan bersama teman-teman sedari pukul 16:30 hingga 01:30!

8. Soto Betawi H. Ma’ruf

Photo Credit: @twinkle_belly

Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini menawarkan cita rasa soto betawi yang istimewa. Kabarnya, racikan rempah-rempahnya sudah ada sejak masa Hindia-Belanda dan digunakan secara turun temurun. Tidak heran kalau Soto Betawi H. Ma’ruf menjadi salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Asyiknya lagi, harga satu porsi soto betawi di sini cukup terjangkau, yakni sekitar Rp38.000.

Jika kamu penasaran ingin mencoba kuliner khas Betawi ini, segera datang ke Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Nomor 73, Jakarta Pusat. Tempat makan yang buka pukul 08:00 – 20:30 ini juga menyediakan menu laksa betawi seharga Rp23.000 dan sate ayam seharga Rp38.000.

9. Bubur Ayam Barito

Photo Credit: @foodbuddies.id

Sudah berdiri sejak 1992, kelezatan cita rasa Bubur Ayam Barito sudah tak perlu diragukan lagi. Tempat makan milik Bapak Agus ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Satu porsi bubur di sini disajikan dengan potongan daging ayam, cahkwe, taburan daun bawang, dan bawang goreng. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan sate seharga Rp3.000 per tusuk atau cheese stick seharga Rp4.000 per bungkus.

Tak perlu khawatir dengan harganya, satu porsi bubur ayam di tempat ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp14.000 saja. Untuk yang ingin mencicipi kenikmatan bubur ini, kamu bisa datang ke Bubur Ayam Barito di Jalan Gandaria Tengah 3, Kebayoran Baru yang buka pukul 16:30 – 23:30 setiap harinya.

10. Seafood 212 Wiro Sableng

Photo Credit: @duniakulinersurabaya

Tempat makan yang berlokasi di Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading No 12 ini terkenal dengan hidangan laut, terutama kepiting. Harga satu porsi kepiting biasanya mulai dari Rp275.000. Jangan kaget dulu melihat harganya karena porsi kepiting yang disajikan Seafood 212 Wiro Sableng sangat banyak. Kamu bisa mengajak banyak teman atau saudara untuk makan bersama-sama dan membayar secara patungan agar lebih murah.

Biasanya, para pengunjung memesan kepiting yang dimasak dengan saus padang atau saus telur asin. Namun bagi yang kurang suka kepiting, kamu bisa memesan aneka seafood lain seperti gurami bakar, udang saus padang, cumi-cumi goreng tepung, hingga sayuran seperti cah kangkung dan taoge ikan asin. Jika hendak ke sini, kamu bisa datang pukul 11:00 – 23:00 setiap harinya.

11. Gulai Tikungan

Photo Credit: @makan.donk

Kuliner yang cukup populer di kawasan Blok M ini menawarkan menu nasi dan gulai hangat dengan harga hanya sekitar Rp10.000. Satu porsi hidangan ini terdiri dari nasi, kuah gulai, irisan daging sapi, dan jeroan.

Mulai berdiri sejak tahun 1983, Gulai Tikungan atau yang sering disebut GulTik ini pun dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Cita rasa gulai sapinya benar-benar nikmat, dengan racikan rempah-rempah sedap yang akan membuat kamu ketagihan. Tidak heran kalau Gulai Tikungan hampir tidak pernah sepi pengunjung.

12. Indomie Abang Adek

Photo Credit: @lyrpages

Satu lagi tempat makan yang cukup populer di Jakarta, yakni Indomie Abang Adek. Sesuai namanya, tempat makan yang berdiri sejak tahun 2002 ini menawarkan menu mi instan Indomie pedas. Kamu bisa memilih tingkat kepedasan, mulai dari 10 hingga 100 cabai rawit.

Nah, cabai rawit ini nantinya tidak hanya diiris dan dihidangkan di atas mi, tetapi juga ditumbuk dan dicampur langsung dengan bumbu Indomie sehingga benar-benar terasa pedasnya. Bagi yang suka makanan pedas, kamu wajib mencicipi masakan Indomie ala Indomie Abang Adek yang berlokasi di Jalan Mandala Utara No 8, Tomang. Setiap hari, tempat makan ini buka pukul 07:00 – 02:00.

13. Ragusa Es Italia

Photo Credit: @rinikartika92

Sudah puas menikmati berbagai kuliner lezat nan murah di Jakarta? Sekarang, saatnya kamu mengakhiri wisata kuliner dengan pencuci mulut. Salah satu tempat terbaik yang bisa kamu tuju adalah Ragusa Es Italia di Jalan Veteran I, Jakarta Pusat. Kedai es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1932 ini kabarnya menjadi favorit warga Jakarta.

Bahkan, Ragusa Es Italia pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia karena menjadi kedai es krim tertua yang masih buka di Indonesia. Es krim buatan Ragusa Es Italia memang istimewa karena dibuat dari susu sapi segar. Rasanya begitu lembut dan harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp14.000 – Rp35.000 saja. Kalau tertarik mencicipi, kamu bisa datang ke sini pukul 09:00 –23:00. Jangan kelewatan mencicipi Spaghetti Ice Cream di sini, ya!

***

Mulai sekarang, kamu tak perlu bingung mencari tempat makan yang enak sekaligus ramah kantong di Jakarta. Berbagai tempat makan di atas bisa menjadi alternatif tujuan kuliner kamu terutama saat tanggal tua. Yuk, berbagi informasi wisata kuliner ke teman-teman kamu dengan share artikel ini!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan