0

Erika Silviana

16 Oct 2019 - 7 min read

10 Cafe Unik di Jakarta Ini Bikin Kamu Betah Nongkrong

Hal apa saja yang biasanya kamu pikirkan saat memilihcafeuntuk tempat nongkrong? Selain kelezatan makanan dan minuman, suasanacafeyang nyaman juga menjadi hal penting untuk kriteria tempat nongkrong asyik.

Bagi kamu yang sedang atau tinggal di Jakarta, ada banyakcafeyang bisa dipilih. Tak hanya menyediakan menu lezat dan suasanacozy,beberapacafebahkan memiliki konsep yang cukup unik dan berbeda daricafekebanyakan. Jadi, kalau ingin nongkrong di tempat yang tidak terlalumainstreamberarti kamu wajib kunjungi 10 cafe di Jakarta berikut ini!

Odysseia

(Sumber:@a.d.i.widjaya)

Di tengah gedung-gedung tinggi kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), tersembunyi sebuahcafeyang sangat nyaman untuk tempat nongkrong bernama Odysseia. Kamu akan merasakan suasana yang asri karena tempat ini dipenuhi berbagai tumbuhan hijau. Selain nongkrong bersama teman-teman, kamu pun bisame timedi sini.

Sambil menikmati suasana, kamu bisa memesan makanan dan minuman yang beragam, mulai dari masakan Asia hinggawestern.Beberapa menu andalan Odysseia yang wajib kamu coba adalahpizza pies, yakni piza berbentuk persegi panjang yang dipotong menjadi enam bagian, danodysseia burger.

Jika tertarik untuk nongkrong di Odysseia, kamu bisa langsung datang ke Pacific Place, Lantai Dasar Lobby Selatan, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52 – 53, Jakarta Selatan. Sebaiknya kamu datang pada hari Kamis malam agar bisa menikmatilive band,atau pada akhir pekan untuk menikmati musik yang dimainkan olehdisc jockey(DJ) ternama.

Mbah Jingkrak Setiabudi

(Sumber:@febrianirizqi)

Mbah Jingkrak—dari namanya saja sudah terdengar unik, bukan? Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS) merupakan sebuah restoran yang menyajikan masakan tradisional Jawa sebagai menu utama. Beberapa di antaranya adalah nasi bakar, cumi-cumi dengan sambal hijau, dan bebek goreng. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Setiabudi Tengah No 11.

Tak hanya memiliki menu yang lezat, suasana tempat makan di MJS juga unik. Di area taman, terdapat banyak balon dan layang-layang dengan bentuk yang beragam. Tidak ketinggalan, bola-bola apung kecil beraneka warna di kolam menambah suasana unik di tempat makan ini.

Berbagai dekorasi berwarna-warni tersebut berpadu secara eksentrik dengan keseluruhan bangunan nuansa Jawa. Misalnya, di beberapa bagian terdapat topeng-topeng Jawa sebagai hiasan. Sesuai moto “makan enak, perut kenyang, pulang bawa kenangan”, kamu akan mendapatkan ketiganya dari Mbah Jingkrak Setiabudi.

Blumchen Coffee

(Sumber:@blumchencoffee)

Blumchen Coffee adalahcafeunik di Jakarta yang menyajikan menu minuman dengan kopi kualitas terbaik. Pemilik tempat ini mendatangkan biji kopi terbaik dari Sumatera untuk menyempurnakan cita rasa hidangannya.

Para staf Blumchen Coffee menyangraisignature blenddansingle origindalam porsi kecil untuk menjaga kualitas kopi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan minuman kopi dengan rasa nikmat dan aroma wangi yang kuat. Sebagai teman minum kopi,cafeini juga menyediakan berbagai camilan sepertialmond croissant, chocolate danish,dancarrot cake.

Tak hanya itu, Blumchen Coffee juga memiliki konsep interior yang unik. Pemilikcafeini merupakan seorang pecinta barang antik. Jadi, jangan heran kalau di dalamnya kamu menemukan banyak barang kuno seperti sepeda dan mesin penggiling kopi. Tertarik nongkrong di sini? Kamu bisa langsung datang ke Fairground SCBD Lot 14, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52 – 53.

Hospitalis Resto & Bar

(Sumber:@arifinlady)

Cafeunik di Jakarta yang satu ini mengusung tema rumah sakit. Semua staf di Hospitalis Resto & Bar mengenakan kostum dokter, perawat, dan ahli bedah. Bahkan, perangkat makan dan minumnya pun menggunakan peralatan seperti di rumah sakit. Salah satunya adalah minuman yang disajikan dalam kantong infus.

Sesuai tema, nama makanan dan minuman yang disajikan Hospitalis Resto & Bar juga masih berhubungan dengan rumah sakit. Beberapa di antaranya adalahchicken coronary, potato hysterectomy,danpizza neuronims.

Hospitalis Resto & Bar sudah memiliki dua cabang yang bisa kamu kunjungi, yakni di Jalan KH Ahmad Dahlan No 31, Gandaria dan di Jalan Kartini No 46, Pancoran Mas, Depok. Saat berkunjung, pastikan kamu mengabadikan foto bersama para staf atau hidangannya ya!

Cutie Cats Cafe

(Sumber:@cutiecatscafe)

Para pencinta kucing, kamu wajib datang ke Cutie Cats Cafe yang berlokasi di Jalan Kemang 1 No 12F, Jakarta Selatan. Sambil menikmati hidangan kue dan kopi, kamu bisa bermain dengan kucing-kucing yang ada di sini. Ada lebih dari 15 ekor kucing yang ada di Cutie Cats Cafe, mulai dari kucing jenispersiahinggahimalaya.

Jika ingin bermain dengan kucing-kucing lucu tersebut, kamu harus bayar sekitar Rp50.000 per jam pada hari biasa atau Rp75.000 per jam saat akhir pekan. Tenang saja, semua kucing di Cutie Cats Cafe dalam keadaan bersih dan sehat. Untuk menjaga kebersihan, kamu harus menggunakanhand sanitizersebelum bermain dengan kucing-kucing tersebut.

Bong Kopitown

Sumber:@intanmurnia)

Pernah membayangkan bagaimana suasana di dalam penjara? Sekarang, kamu bisa merasakan suasana tersebut secara langsung di Bong Kopitown.Cafeunik di Jalan Boulevard Raya Ruko Blok PD 1 No 5 – 6, Kelapa Gading, ini bernama Bong Kopitown. Memasukicafe, kamu akan melihat interior dengan desain desain seperti penjara. Misalnya, beberapa bagian meja yang dikelilingi tembok terali berwarna hitam.

Kalau sudah berada di Bong Kopitown, jangan lupa pesan nasi penjara yang disajikan menggunakan wadah aluminium seperti di penjara. Sebagai pendamping makanan, kamu bisa memesan minuman andalannya yaitu es jeruk pontianak.

Selain di Jalan Boulevard Raya, Bong Kopitown juga sudah membuka cabang di Citiwalk Sudirman, Lantai Ground, Jalan KH Mas Mansyur dan di Supermal Karawaci, Lantai 1, Jalan Boulevard Diponegoro No 105. Kunjungicafeunik di Jakarta ini bersama teman-teman dan rasakan asyiknya nongkrong di “penjara”!

Hello Kitty Cafe

(Sumber:@hellokittycafejkt)

Apakah kamu termasuk penggemar Hello Kitty? Kalau begitu, cobalah datang ke Hello Kitty Cafe di Ruko Crown Golf Blok D No 29 – 30, Bukit Golf Mediterania, Jalan Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk.

Cafe di Jakarta ini memiliki ruangan yang dipenuhi barang-barang bertema Hello Kitty, mulai dari kursi, bantal, hiasan lampu, hingga lukisan. Selain itu, wadah makanan dan minuman pun juga bergambar Hello Kitty. Ruangan di Hello Kitty Cafe didominasi warna merah muda yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Cafeyang dibuka sejak Mei 2016 ini juga menyediakan menu yang terbilang unik. Salah satunya adalahkitty sliders,burger mini yang rotinya dihiasi gambar wajah Hello Kitty. Selain itu, ada pulakitty’s crazy rice,nasi goreng yang disajikan dengan telur, sosis, ayam, sayuran, dan kerupuk.

Samudra Laut 73

(Sumber:@jordyaditya)

Ingin mencoba pengalaman unik makan di bawah laut? Samudra Laut 73 bisa tempat makan yang kamu tuju!Cafeunik ini berlokasi di Jalan Raya Boulevard Kelapa Gading Blok QA 1 No 2, Kelapa Gading.

Samudra Laut 73 menggunakan lampu-lampu dengan sinar berwarna biru yang akan membuat kamu merasa sedang berada di dalam kapal selam. Di beberapa bagian dinding, terdapat jendela-jendela berbentuk bundar yang mirip seperti jendela pada kapal selam. Untuk menambah kesan seperti di bawah laut, setiap meja diisi dengan pasir dan berbagai jenis batuan laut.

Sesuai dengan tema pula, menu makanan yang disajikan di Samudra Laut 73 adalah olahanseafood.Pastikan kamu ke sini membawa kamera ya, jadi sehabis makan bisa langsung berfoto di dalamcafeunik ini.

Cafe Strawberry

Sumber:@strawberycafe)

Pada umumnya, kebun stroberi berada di areaoutdoor.Namun, jika datang ke Cafe Strawberry di Jalan Tanjung Duren Raya No 10, Grogol Petamburan, kamu bisa merasakan sensasi nongkrong seru di kebun stroberiindoor.Meski begitu, kebun stroberi yang dimaksud bukanlah kebun asli, melainkan dekorasi ruangan yang didominasi oleh stroberi.

Cafe Strawberry sangat cocok dikunjungi beramai-ramai karena adanya berbagai permainanboard gameyang seru, contohnya sepertimonopoli. Ada pula koneksi Wi-Fi yang memungkinkan kamu untuk terusupdatedi media sosial.

Bukan hanya dekorasi unik yang ditawarkan, beragam menu makanan dan minuman di Cafe Strawberry pun lezat. Salah satu menu andalancafeunik di Jakarta ini adalahstrawberry volcano,sebuah minuman rasa cokelat dengan buah stroberi di bagian atas gelas yang disajikan mirip sebuahvolcano.Jangan lupa ya, pesan juga pesan ayam goreng rempah Bandung yang menjadi makanan andalan di sini!

Nanny’s Pavillon

Sumber:@nannyspavillon)

Bagi yang seringwisata kuliner di Bandung, tentu kamu tidak asing lagi dengancafeyang satu ini. Nanny’s Pavillon memang pertama kali berdiri di Bandung dengan mengusung konsep bergayaFrench–American.Di Jakarta, Nanny’s Pavillon sendiri memiliki beberapa cabang. Uniknya, setiap cabang ini menerapkan konsep yang berbeda.

Misalnya, Nanny’s Pavillon cabang Cinere Bellevue Mall yang memiliki desain ruangan dengan konsep kamar tidur. Berbeda lagi dari cabangnya di Kota Kasablanka yang mengusung konsep arena bermain. Sementara itu, Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah memiliki konsep ruangan musik.

Untuk urusan menu, kamu makanan dan minuman yang tersedia di Nanny’s Pavillon cukup beragam dan rasanya pun lezat. Beberapa yang paling banyak dipesan pengunjung adalahnanny’s chicken salad, kimberly's green sausage pasta, auntie’s sausage baked rice,jugaynez’s blueberry cheese roll pancake.

Itulah beberapa cafe di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman-teman, ataupun sendirian. Jika ingin datang sendiri, bawalah buku favorit ataugadgetkesayangan kamu. Jadi, dalam dekat inicafeunik di Jakarta mana yang terlebih dulu akan kamu kunjungi?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan