0

Raditya Baswara

29 Oct 2021 - 3 min read

5 Pilihan Bakso yang Wajib Kalian Coba di Jakarta & Sekitarnya

Semua orang pasti sudah mengenal sajian kuliner yang satu ini, bahkan tidak bisa dipungkiri dari tua hingga muda kerap kali menempatkan makanan ini sebagai comfort food yang keberadaannya selalu dicari. Olahan berbahan dasar daging sapi ini selalu identik dengan gurihnya rasa kaldu, hangatnya sajian kuah hingga berbagai makanan pendamping yang mengisi mangkoknya--seperti mie kuning, bihun, pangsit, tauge dan potongan sawi segar.

Kamu bisa menemukan berbagai variasi olahan bakso yang tentunya sesuai dengan selera masing-masing. Bagi yang tinggal di sekitar wilayah Jakarta, rangkaian ulasan kuliner bakso dari Traveloka ini tentunya cocok sekali. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Bakso Boedjangan

Restoran Bakso Boedjangan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta bakso. Terhitung sudah 64 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa outlet yang berada di area Jakarta antara lain Bulungan (sekitar Blok M Plaza), Rawa Belong dan Bintaro. Keistimewaan restoran bakso ini terletak pada variasi menu olahannya yang terbilang cukup banyak. Paket bakso komplit yang berisi bakso besar, bakso kecil, pangsit isi dan kuah kaldu dibenderol seharga Rp 40.000 - 42.000.

Sementara itu, pilihan varian bakso juga tersedia seperti bakso cincang, bakso goreng, bakso urat, bakso pentol, bakso mozarella hingga bakso pedas. Tidak terlupa ada pula siomay, pangsit dan batagor yang siap menemani pengalaman “berbakso” kamu. Setiap harinya, Bakso Boedjangan buka pada pukul 09.00-20.45 WIB.

2. Bakso Pak Heng

Jika kamu ingin mencicipi semangkuk bakso dengan harga miring, mungkin kamu harus mengunjungi Bakso Pak Heng yang terletak di kawasan Fatmawati, tepatnya di Jalan Damai No. 21 Cipete Utara, Jakarta Selatan. Konsep yang diusung restoran ini memang hanya menyediakan khusus bakso saja, jadi cocok sekali untuk para penggemar bakso. Apalagi, bakso yang dibuat khas dari Medan sehingga menambah keistimewaannya.

Kamu bisa menikmati bakso komplit lengkap dengan bihun, mie kuning, irisan tahu dan ayam dengan harga Rp 22.000 saja, cukup terjangkau bukan? Varian bakso pun bisa kamu pilih sesuai selera mulai dari bakso telur, bakso kecil hingga bakso urat. Dijamin kenyang di tempat! Bakso Pak Heng buka setiap harinya pada pukul 11.30 - 23.00 WIB.

3. Bakso Jawir

Restoran bakso yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal penggemarnya. Bakso Jawir sendiri memiliki beberapa cabang di kota-kota seluruh Indonesia, namun untuk wilayah Jakarta kamu bisa menemukannya di kawasan Meruya maupun Kemanggisan. Variasi olahan bakso yang disediakan terbilang sangat lengkap, sehingga para pecinta bakso sudah pasti puas menikmati sajian kulinernya. Beberapa di antaranya adalah bakso rusuk, bakso daging, bakso kecil dan bakso telur. Lengkap dengan komponen pendamping seperti mie kuning, bihun serta pangsit.

Jangan khawatir, kamu bisa menyesuaikan sesuai selera campuran komponen mana yang sekiranya paling cocok. Untuk harga memang disesuaikan dengan isi serta ukurannya. Pada ukuran kecil harga dimulai dari Rp 28.000, sedangkan ukuran standarnya dari Rp 33.000 - Rp 61.000 (dihitung dari jenis baksonya). Lalu, ada pula ukuran jumbo yang dimulai dari Rp 58.500 - Rp 76.500. Banyak kan pilihannya? Bakso Jawir sendiri buka setiap harinya pukul 08.00 - 21.30 WIB.

4. Bakso Sehat Atom

Nah, kalau tempat makan bakso yang ini memang dikenal dengan bakso sehatnya atau yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet, jadi sudah sangat terjamin keasliannya. Jumlah cabangnya juga sudah ada beberapa yang tersebar di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Sebut saja di area Beji, Thamrin, Kebayoran Baru dan Ciputat. Kamu bisa memilih lokasi yang terdekat dengan areamu ketika ingin memesan.

Bakso Sehat Atom menjual baksonya sudah dalam bentuk beberapa paket, namun jangan khawatir sebab variannya terbilang cukup banyak dan tentunya sudah sangat mengenyangkan. Beberapa jenis olahan bakso yang disediakan antara lain bakso daging, bakso keju, bakso urat, bakso tahu udang, bakso tahu putih dan bakso cabai kentang. Menu tersebut sudah dilengkapi dengan komponen pendamping seperti bihun, mie kuning, potongan sayur, bawang goreng dan sambal. Tidak lupa, sebotol minum juga disediakan di dalamnya. Bagi yang tertarik dengan paket kenyang ini kamu tinggal menyiapkan uang sebesar Rp 46.000 - 54.000 tergantung dari isinya. Tempat makan ini buka setiap harinya pada pukul 11.00 - 17.00 WIB.

5. Bakso Dower by Bebek Dower

Pilihan bakso yang terakhir adalah Bakso Dower by Bebek Dower. Tempat makan ini juga sudah cukup dikenal oleh masyarakat, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Terbukti dengan tersebarnya cabang mereka di beberapa tempat antara lain di Blok M, Tendean, Lebak Bulus, Tebet, Bintaro, Kemang, Cinere, Kalibata dan Cilandak. Nah, jadi karena sudah tersebar di banyak tempat kamu dapat mencicipinya dengan mudah. Kestimewaan dari Bebek Dower adalah cita rasa pedasnya yang mampu menggoyangkan lidah para penikmatnya melalui sambal-sambal yang disediakan, sehingga bagi para pecinta makanan pedas sangatlah cocok. Tertarik untuk mencoba?

Variasi pilihan baksonya juga sangat beragam, mulai dari bakso atom, bakso rawit hingga bakso urat yang tentunya dapat ditambah dengan komponen tambahan seperti bihun dan mie kuning, sehingga dapat disesuaikan dengan seleramu. Tingkat kepedasannya pun sudah dibagi ke dalam level 0 sampai 3, jadi bagi kamu yang tidak terlalu bisa makan pedas masih dapat menikmati nikmatnya Bakso Dower. Harganya sendiri dimulai dari Rp 17.000 hingga Rp 33.000 per porsi, semuanya tergantung dari isi di dalamnya baik itu satu macam saja atau campur. Bakso Dower buka setiap harinya pada pukul 07.00 - 21.15 WIB.

***

Di saat musim penghujan yang sudah mulai menghampiri, semangkuk bakso rasanya cocok untuk kamu nikmati dengan orang-orang tersayang dimanapun dan kapanpun. Nah, tidak ada salahnya kamu mencoba berbagai pilihan bakso yang ada di atas, siapa tahu bisa menambah bucket list kuliner kamu.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan