0

Anna Cendana

27 May 2022 - 5 min read

10 Rekomendasi Kuliner Malam di Jogja yang Cocok Buat Nongkrong

Jogja merupakan provinsi dengan berjuta wisata. Mulai dari wisata alam dan modern, hingga wisata belanja dan kuliner, semua ada di Kota Gudeg. Khusus untuk kuliner, Jogja menyuguhkan banyak pilihan yang siap menggoyang lidah, terutama di malam hari. Ingin tahu rekomendasi kuliner malam di Jogja yang wajib dicoba? Simak terus ulasannya berikut ini.

Pilihan kuliner malam di Kota Pelajar memang tidak ada habisnya, mulai dari angkringan hingga kafe, semuanya ada. Kalau kamu berencana liburan ke Jogja, berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner malam yang cocok untuk nongkrong dan tak boleh kamu lewatkan.

1. Mie Ayam Grabyas

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bagi kamu yang sedang menikmati suasana malam di Malioboro, sempatkan untuk mampir di warung Mie Ayam Grabyas. Kedai ini dapat ditemui di emperan toko depan Hotel Inna Garuda. Meski tampak sederhana, cita rasa semangkuk Mie Ayam Grabyas berani diadu. Bahkan sudah menjadi andalan banyak muda-mudi Jogja yang kelaparan di malam hari.

Kedai ini buka mulai pukul 00.00-02.00 pagi. Terdengar sangat cocok ‘kan untuk teman menikmati suasana malam Jogja? Menu andalan warung ini adalah mi ayam komplit, mi ayam pangsit, dan mi ayam bakso. Sedangkan minuman yang menjadi favorit adalah es jeruk nipis yang dicampur dengan sirup stroberi. Harga setiap menuanya juga terjangkau, mulai dari Rp13.000 saja.

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Foto hanya sebagai ilustrasi

Gudeg Mercon Bu Tinah masuk ke dalam jajaran kuliner malam di Jogja yang tak boleh dilewatkan. Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang cenderung manis, gudeg Bu Tinah memiliki cita rasa pedas. Cocok untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkulineran di Jogja pada malam hari.

Gudeg Mercon Bu Tinah bisa ditemui di Kranggan pada pukul 20.00-04.00 pagi. Kedai ini menyuguhkan beragam lauk lezat, seperti ceker goreng tepung, ayam kampung, sate ayam, dan masih banyak lagi. Untuk mencoba sepiring nasi gudeg mulai dari Rp15.000 saja, kamu harus rela antre terlebih dahulu. Meski begitu, kesabaranmu akan terbanyarkan dengan gurih dan pedasnya gudeg Bu Tinah.

3. Soto Sampah

Foto hanya sebagai ilustrasi

Mendengar nama “Soto Sampah” memang membuat beberapa orang mengerutkan dahi. Sajian soto di Kota Pelajar ini sudah digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Gurihnya suwiran daging ayam atau sapi, lembutnya bihun, dan renyahnya irisan kol serta taoge di atas kuah panas membuat siapa pun ingin tambah.

Kuliner Jogja yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970. Kamu bisa menikmati sepiring Soto Sampah dengan beberapa lauk pauknya di Jalan Kranggan mulai dari pukul 20.00-04.00 pagi. Harga per porsinya juga sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp5.000 saja. Bagaimana? Cocok ‘kan untuk teman nongkrong malam di Kota Jogja?

4. Angkringan Lik Man

Belum ke Jogja namanya kalau belum mencoba makan di angkringan. Jenis kuliner malam di Jogja ini tersebar di berbagai penjuru kota. Salah satu yang paling tersohor adalah angkringan milik Lik Man yang berada di kawasan Jalan Wongsodirjan. Kabarnya angkringan ini sudah ada sejak tahun 50-an dan banyak pesohor dalam negeri yang sudah datang kemari.

Kamu bisa menikmati beragam jenis menu khas angkringan dengan harga yang cukup terjangkau. Cita rasa hidangan yang ditawarkan pun bisa dibilang nomor satu. Beberapa menu yang wajib dicoba antara lain seperti nasi kucing, nasi sambal teri, nasi oseng, sate-satean, dan tentu saja gorengan. Jangan lupa juga untuk mencicipi Kopi Joss yang menjadi andalan Angkringan Lik Man.

5. Gultik Bang Jago

Gulai Gajebo - Makanan Khas Minang

Foto hanya sebagai ilustrasi

Salah satu kawasan kuliner malam yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Jogja adalah Jalan Urip Sumoharjo. Di sini ada banyak sekali gerai yang menawarkan berbagai hidangan lezat nan unik. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Gultik Bang Jago. Kedai makan ini terletak tepat di depan kios Mahkota Batik dan buka mulai dari pukul 21.00.

Gultik yang merupakan singkatan dari gulai tikungan merupakan sajian yang pertama kali populer di Jakarta. Gultik Bang Jago sendiri adalah gulai sapi yang disantap bersama nasi hangat. Namun yang unik dari kedai gultik ini adalah menu lemak sapi gorengnya atau krenyos. Menu ini paling laris sehingga kamu harus datang lebih awal untuk bisa mencicipinya.

6. Oseng Mercon Bu Narti

Foto hanya sebagai ilustrasi

Kuliner malam di Jogja yang berikut ini cocok bagi kamu para pecinta pedas. Kedai Oseng Mercon Bu Narti bisa kamu datangi di Jalan KH Ahmad Dahlan mulai dari pukul 17.00-02.00 pagi. Di sini kamu bisa memilih menu oseng kikil, tulang muda, gajih, atau kulit.

Untuk mencicipi sepiring nasi oseng mercon, kamu harus menyiapkan kocek sekitar Rp15.000 saja. Bagi kamu yang mungkin tidak bisa menikmati kuliner pedas, kamu masih bisa kok datang ke sini. Ada menu alternatif yang tak kalah lezatnya dari menu utama, seperti burung puyuh, lele, dan ayam.

7. Bakmi Jawa Pak Geno

Foto hanya sebagai ilustrasi

Bakmi jawa adalah salah satu jenis kuliner malam yang paling pas untuk dinikmati di Jogja. Pilihan warung bakmi yang terkenal di Kota Gudeg sangat melimpah. Salah satu yang paling terkenal adalah kedai Bakmi Jawa Pak Geno yang sudah ada sejak 1958. Berlokasi di Jalan Mangkuyudan, warung bakmi ini sudah menjadi langganan para politikus dan artis ibu kota.

Menu yang dihidangkan antara lain seperti bakmi jawa rebus, goreng, dan juga magelangan goreng. Ada pula menu selain bakmi seperti nasi godog dan magelangan godog. Menariknya, setiap menu tersebut menggunakan telur bebek untuk memberikan cita rasa yang jauh lebih gurih. Harga per menunya dibanderol mulai dari Rp20.000.

8. Wedang Ronde Lek Dhie

Wedang Uwuh - Minuman Khas Indonesia

Foto hanya sebagai ilustrasi

Menikmati kuliner malam di Jogja rasanya kurang lengkap tanpa menikmati semangkuk wedang ronde. Ada banyak kedai ronde yang tersebar di berbagai penjuru Jogja. Namun Wedang Ronde Lek Dhie menjadi yang paling favorit di kalangan anak muda. Kamu bisa menemukan warung ini di kawasan Sosromenduran mulai dari pukul 18.00-00.00.

Hanya dengan Rp8.500, kamu sudah bisa menikmati ronde dengan isian super lengkap, seperti mochi, kacang goreng, roti tawar, dan agar-agar. Jangan lupa untuk menyeruput kuah jahenya yang hangat sambil menikmati alunan musik yang diputarkan oleh Lek Dhie.

9. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Kuliner Sup Khas Indonesia - Sup Kaki Kambing

Foto hanya sebagai ilustrasi

Kuliner malam di Jogja memang identik dengan kuah hangat, salah satunya adalah Sop Kaki Kambing Bang Udin. Warung makan ini wajib dikunjungi oleh kamu yang mengaku pecinta hidangan daging kambing. Berlokasi di Terban, Gondokusuman, kedai sop ini buka mulai dari jam 17.00-00.00.

Meski dinamai “Sop Kaki Kambing Bang Udin”, pembeli bisa memesan jenis sop lain, seperti sop daging, jeroan, hingga kepala. Cita rasa yang ditawarkan siap memanjakan lidah. Kuahnya kaya rempah dan daging yang disajikan sama sekali tidak bau. Kamu dapat menikmati semangkuk sop kambing mulai dari Rp 30.000.

10. Mie Nyemek Bu Siti

Foto hanya sebagai ilustrasi

Satu lagi kuliner malam paling laris di Jogja, yakni Mie Nyemek Bu Siti. Warung mie yang berlokasi di Brontokusuman ini memang tampak sederhana dari luar. Namun begitu kamu masuk, kamu akan disambut dengan banyak pembeli hingga para driver ojek online antre menunggu di dalam.

Menu yang disajikan di warung ini memang hanya mi instan biasa. Namun mi instan di sini diolah menggunakan bumbu uleg sehingga rasanya jauh lebih nikmat. Untuk memesannya, kamu bisa menuliskan merk mi, rasa, dan tingkat kepedasan yang kamu inginkan. Satu porsi mi nyemek di warung ini dibanderol mulai dari Rp10.000 saja.

Nah, itu tadi rekomendasi kuliner malam di Jogja yang wajib kamu coba. Tak hanya lezat, pilihan kuliner di atas juga ramah kantong. Bagaimana? Tertarik berplesiran ke Jogja? Rencanakan dulu perjalananmu dengan memesan tiket pesawat dan hotel bersama Traveloka. Unduh aplikasinya untuk mendapatkan berbagai diskon dan tawaran menarik.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan