Lokasi Sekarang

Yuk, Eksplor 5 Kedai Kopi Jadul di Akhir Pekan Ini!

Jakarta · Menelusuri tempat ngopi tempo dulu di Jakarta.

2 orang suka ini

Sumber Foto: Shutterstock

1. Sabang 16

Ingin duduk santai usai lari 3km dari Semanggi ke Thamrin? Mampir saja ke Sabang 16! Coffee shop ini terkenal dengan kaya toast rumahan mereka yang mantap, lho. Roti yang sedikit renyah bermentega, selai kaya yang tidak terlalu manis dan gurih, sampai pilihan kopi local mereka yang dikurasi. Tempatnya mungil namun tenang, jadi cocok buat kamu beristirahat sejenak.

Sabang 16

4.1/5
Sabang 16
Jalan Sabang, Menteng

2. Kedai Tjikini

Dari bentuk bangunan dan interiornya saja, kamu sudah bisa menyimpulkan kalau kedai kopi satu ini menawarkan pengalaman ngopi yang khas sambil bernostalgia. Tidak hanya tempat yang terkesan lawas, Tjikini juga menyajikan makanan atau minuman jadul seperti es krim rumahan ala Tjanang, Ragusa, dan Baltic, minuman sarsaparila Cap Badak, dan kue-kue dari Toko Oen. Bahkan, kopi dari Warung Tinggi (Tek Soen Ho) juga dapat kamu jumpai di sini.

Kedai Tjikini

4.2/5
Kedai Tjikini
Cikini, Menteng

3. The Atjeh Connection Resto & Coffee - Sabang

The Atjeh Connection ini juga salah satu dari beberapa coffee shop lokal bergaya tempo dulu. Bukan cuma kopi Acehnya yang juara, tapi juga makanan khas Serambi Mekah juga pantas kamu coba seperti mi Aceh yang penuh dengan rempah, gurih dengan rasa yang ingetin kamu dengan gulai. Ada juga nasi gurih lengkap nuansa Melayu dan kue khas Aceh seperti kue adee. Tempatnya juga nyaman, dingin dan cukup luas. Cocok buat kamu singgahi beramai-ramai.

The Atjeh Connection Resto & Coffee - Sabang

4.7/5
The Atjeh Connection Resto & Coffee - Sabang
Jalan Sabang, Menteng

4. Kopi Oey - Sabang

Siapa yang tak tahu kenadi kopi Peranakan satu ini? Inisiasi dari mendiang Bondan Winarno, Kopi Oey (dibaca 'wi' bukan 'oy') bukan cuma menyajikan ragam kopi seperti kopi talua khas Bukittinggi dan kopi Indocina. Di sini, kamu bisa mengenyangkan perut dengan makanan mulai dari roti-rotian sampai makanan berat seperti mie kepiting Pontianak. Lucunya, menu di sini ditulis dengan gaya van ophuijsen, yaitu salah satu dari ejaan jadoel Indonesia.

Kopi Oey - Sabang

3.7/5
Kopi Oey - Sabang
Jalan Sabang, Menteng

5. Bakoel Koffie Cikini

Masih berada di kawasan Cikini, kamu juga bisa singgah sejenak ke Bakoel Koffie saat ingin ngopi santai. Konon, kedai berkonsep tempo dulu ini sudah ada sejak tahun 1878. Buat penikmat kopi, kamu bisa memesan kopi tubruk hingga kopi kampung. Aneka kudapan tradisional bercita rasa lokal seperti ketan serundeng, tape bakar, hingga tahu telur bumbu petis juga bisa kamu pesan sebagai pelengkap segelas kopimu.

Bakoel Koffie Cikini

4.4/5
Bakoel Koffie Cikini
Cikini, Menteng
Revi Maudy Vekelita

Revi Maudy Vekelita

Food Writer & Coffeephile

Si gemar mengunyah tanpa lupa membaginya dalam kata-kata. Segelas kopi tanpa gula dan masakan Manado adalah dua hal yang ia cinta.