Lokasi Sekarang

Wisata Kuliner Legendaris Khas Bali Ada di 6 Tempat Ini

Bali · Telisik aneka kuliner legendaris lezat khas Pulau Dewata.

1 orang suka ini

Sumber: Shutterstock

1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Tempat makan yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun ini terletak di wilayah Ubud, Gianyar. Nasi campur khas tempat ini berbahan utama ayam kampung betutu, sate lilit ikan yang gurih, di campur dengan telur ayam ungkep rempah dan tak lupa sambal matah dan mbe (sambal kering khas Bali). Experience kamu akan semakin lengkap dengan suasana rumah makan yang berada di dalam kompleks rumah tradisional khas Bali, lengkap dengan jalan setapak dan taman berhias bale (pendopo Bali).

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

4.2/5
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Kedewatan, Ubud

2. Warung Mak Beng

Wilayah Sanur sejak lama dikenal sebagai salah satu tempat terbaik buat menangkap ikan di Bali. Di Warung Mak Beng ini, kamu bisa menikmati dua macam hidangan saja; sup timun dan ikan goreng hasil tangkapan pagi hari sehingga kesegarannya terjamin. Bentuk warung yang merupakan rumah sederhana dan berada di pinggir pantai Sanur akan membuat waktu makanmu berkesan. Jangan lupa juga cocolan sambal Mak Beng yang khas.

Warung Mak Beng

4.5/5
Warung Mak Beng
Sanur, Bali

3. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Kalau kamu penggemar hidangan betutu, Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini layak kamu kunjungi. Mengusung betutu ala Gilimanuk yang cenderung basah dan berkuah, tempat ini menyajikan satu paket ayam betutu Gilimanuk yang sangat harum semerbak karena penggunaan lebih dari 8 macam rempah di dalamnya. Daging ayam yang juicy dengan rempah pedas yang meresap ke dalam daging disajikan bersama dengan sayur kangkung dan tauge, sambal matah yang aromatik dan kacang tanah goreng yang renyah.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

5/5
Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Denpasar Utara, Denpasar

4. Bebek Bengil (Dirty Duck)

Kalau sudah bicara tentang bebek goreng Bali, Bebek Bengil adalah nama yang melegenda. Dibuka tahun 1990 di Ubud, cita rasa bebek lokal yang dimasak dengan bumbu rempah, lalu digoreng hingga coklat dan renyah berhasil memikat lidah siapapun yang datang ke sana. Di restoran ini sangat ramah keluarga dikarenakan tata ruang restoran yang apik seperti rumah bertaman dan luas. Jangan lupa cocol bebek goreng kamu dengan sambal matah yang khas.

Bebek Bengil (Dirty Duck)

4.3/5
Bebek Bengil (Dirty Duck)
Jalan Hanoman, Monkey Forest

5. Babi Guling Bu Oka

Di Ubud, ada satu nama yang sudah terkenal hingga ke mancanegara bila menyangkut tentang nasi campur, Ibu Oka. Ibu Oka sudah berdiri lebih dari 30 tahun yang lalu menyajikan hidangan babi guling yang terkenal dengan kulitnya yang crispy serta banjuran bumbu rempah yang pedas, legit dan aromatik. Kamu bisa memesan mulai dari nasi campur komplit sampai tambahan lauk yang dihitung porsian. Lokasi Ibu Oka hanya beberapa detik saja dari Puri Ubud dan perempatan Jalan Raya Ubud.

Babi Guling Bu Oka

4/5
Babi Guling Bu Oka
Ubud, Gianyar

6. Made's Warung

Nama Made’s Warung sudah sangat familiar sebagai restoran, terutama untuk para turis. Nah, apakah kamu tahu bahwa tempat ini sudah berdiri sejak awal tahun 1970-an? Warung makan yang bertransformasi menjadi restoran ini menyajikan bukan hanya masakan tradisional Bali namun masakan lain dari Indonesia seperti nasi goreng hingga makanan Asia dan sedikit menu Western.

Made's Warung

4.4/5
Made's Warung
Seminyak, Kuta
Kevindra Soemantri

Kevindra Soemantri

Food Writer & Culinary Editor

Penulis dan editor kuliner ini senang melakukan eksplorasi makanan. Street food favoritnya tidak lain adalah sate ayam Madura.