Lokasi Sekarang

Wisata Kuliner Khas Surabaya di 8 Tempat Makan Autentik

Surabaya · Temukan ragam kuliner legendaris & ikonik di kota Surabaya!

5 orang suka ini

Sumber Foto: Shutterstock

1. Zangrandi Ice Cream

Untuk kamu yang ingin istirahat dari teriknya Kota Pahlawan, Zangrandi bisa menjadi pilihan. Toko es krim yang sudah berdiri sejak Indonesia masih bernama Hindia-Belanda ini menyajikan es krim klasik yang bertahan lebih dari 80 tahun. Interior toko dengan desain indis (Indonesia Belanda) namun tetap terawat dan rapih menjadi salah satu faktor unik dari Zangrandi. Menu es krim Italia klasik seperti cassata dan menu inspirasi Amerika seperti es krim pancake bisa kamu cicipi.

Zangrandi Ice Cream

4.4/5
Zangrandi Ice Cream
Genteng, Surabaya

2. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye ini cocok buat kamu yang doyan banget makan pedas. Pasalnya, warung makan satu ini menyuguhkan sambal yang amat pedas. Walaupun lauk yang tersedia relatif sederhana seperti telur dan tahu, kedai ini tak pernah sepi dari pengunjung. Usut punya usut, antrean yang panjang membuktikan bahwa banyak orang yang ketagihan dengan pedasnya sambal di sini.

Sego Sambel Mak Yeye

4.5/5
Sego Sambel Mak Yeye
Wonokromo, Surabaya

3. Rawon Kalkulator

Di Taman Bungkul, kamu dapat berburu kuliner Surabaya yang terkenal lezat di kawasan ini. Ya, apa lagi kalau bukan Rawon Kalkulator? Tempat makan satu ini cukup legendaris dan telah dibuka selama 35 tahun. Meski nama aslinya adalah Warung Sedap Malam, nama Rawon Kalkulator pun terus melekat karena keunikan kasirnya yang dapat menghitung semua pesanan secara manual dan begitu cepat layaknya sebuah kalkulator.

Rawon Kalkulator

4.4/5
Rawon Kalkulator
Wonokromo, Surabaya

4. Restaurant Kepiting Cak Gundul

Restoran ini adalah salah satu ikon seafood di Surabaya. Seperti namanya, tempat ini menyajikan kepiting sebagai bintang utama, cocok untuk kamu yang gemar dengan hidangan seafood. Ada banyak jenis kepiting yang bisa kamu pesan di sini; dari yang super jumbo sampai kepiting telur. Tiap kepiting juga bisa kamu nikmati dengan lima pilihan saus seperti mentega hitam, asam manis, lemon, bumbu rebus, dan kare. Masih kurang? Kamu bisa pesan cumi-cumi, ikan hingga ayam sebagai lauk tambahan.

Restaurant Kepiting Cak Gundul

4.8/5
Restaurant Kepiting Cak Gundul
Dukuh Pakis, Surabaya

5. Warung Sate Kelapa Ondomohen

Salah satu sate legendaris di Surabaya ini layak untuk dicoba karena pengolahan daging sate yang berbeda dengan sate lainnya. Mirip dengan pembuatan gepuk, sate ini direndam dengan bumbu yang khas yang terbuat dari kelapa parut sangrai yang gurih, harum, dan dicampur dengan rempah-rempah yang aromatik. Rasa gurih dari kelapa parut yang terkena panasnya arang yang menjadikan sate kelapa ini unik. Kalau kamu mau mencoba, kamu harus datang ke Surabaya karena tempat ini tidak membuka cabang di kota

Warung Sate Kelapa Ondomohen

4.4/5
Warung Sate Kelapa Ondomohen
Genteng, Surabaya

6. Depot Bu Rudy - Dharmahusada

Mendengar kata “Bu Rudy”, yang langsung terlintas adalah sambal bawang. Padahal sebenarnya Bu Rudy punya rumah makan lho di Surabaya. Tempat ini selalu ramai pengunjung dengan sajian utamanya yaitu Nasi Udang Empal. Empal yang disajikan sangat empuk begitupun udangnya terbilang gurih. Tempat ini juga menyediakan menu lain seperti nasi pecel dan juga nasi opor.

Depot Bu Rudy - Dharmahusada

4.5/5
Depot Bu Rudy - Dharmahusada
Gubeng, Surabaya

7. Rujak Cingur Ahmad Jais

Belum lengkap berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan tradisional khas daerah ini. Salah satu yang wajib kamu coba adalah rujak cingur yang terbuat dari hidung sapi milik Rujak Cingur Ahmad Jais. Di sini, kamu bisa menikmati cita rasa autentik yang kaya dengan cita rasa petis. Walau tergolong lebih mahal dari rujak cingur kebanyakan, kamu tak akan menyesal setelah mencicipi kelezatannya.

Rujak Cingur Ahmad Jais

4.4/5
Rujak Cingur Ahmad Jais
Genteng, Surabaya

8. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Bukan hanya menjadi tempat makan soto tujuan warga lokal, Soto Ayam Lamongan Cak Har ini juga menjadi destinasi wisata kuliner di Surabaya. Kamu bisa cicipi soto khas Lamongan dengan kuah yang gurih, segar dan berisi ayam kampung yang padat serta tambahan sate seperti sate usus dan sate telur. Yang khas dari tempat ini adalah kamu juga bisa menikmati banyak pilihan topping seperti kulit, ampela hingga leher ayam sambil menyeruput kuah soto yang segar.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

4.6/5
Soto Ayam Lamongan Cak Har
Sukolilo, Surabaya
Traveloka Eats

Traveloka Eats

Traveloka Eats' Pick

Tim penulis Traveloka yang gemar makan sana sini dan membagikan informasi tentang tempat-tempat kuliner untuk kamu.