Lokasi Sekarang

Lezatnya Gudeg, Warisan Kuliner Ikonik Khas Yogyakarta

Yogyakarta Province · Wisata kuliner belum lengkap tanpa mencicipi gudeg Yogya.

8 orang suka ini

Sumber Foto: Shutterstock

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya, seporsi nasi gudeg disajikan lengkap dengan krecek, ayam kuah santan, hingga telur. Nah, supaya makin afdol, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai gudeg terbaik langsung di tempat asalnya seperti pada beberapa tempat di Yogyakarta berikut ini!

1. Gudeg Mbah Lindu

Foto: TripAdvisor

Jangan membayangkan rumah makan gudeg yang besar, Gudeg Mbah Lindu hanya berupa warung pojok sederhana di pinggir Jalan Sosrowijayan. Namun, racikan gudeg simbah berhasil memikat lidah para penikmat kuliner. Resep yang tidak berubah dari era Belanda, rasa gudeg Mbah Lindu cenderung intens entah itu sayur nangkanya, kereceknya ataupun opor ayam hingga telur dan tahu bacemnya. Ketika semua dicampur dengan nasi hangat, jadilah sepiring hidangan melegenda penuh cita rasa.

Gudeg Mbah Lindu

4.1/5
Gudeg Mbah Lindu
Malioboro Street, Yogyakarta

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Foto: jajanjogja.com

Kalau gudeg dengan cita rasa manis gurih mungkin sudah umum, namun pernahkah kamu mencoba gudeg dengan sensasi super pedas? Gudeg Mercon Bu Tinah bisa jadi pilihanmu untuk menikmati sepiring gudeg yang tidak biasa. Sudah ada sejak tahun 1992, sambal goreng kerecek kreasi bu Tinah menjadi sumber rasa pedas dari gudeg komplitnya. Rasa manis gudeg dengan gurih kuah opor dan pedasnya kerecek berpadu sempurna. Gudeg Mercon Bu Tinah buka dari pukul 09:00 pagi hingga tengah malam.

Gudeg Mercon Bu Tinah

4.1/5
Gudeg Mercon Bu Tinah
Jetis, Yogyakarta

3. Gudeg Pawon

Foto: @kyirfano

Kamu ingin merasakan sensasi makan gudeg di malam hari dan langsung dari pawon (dapur) tempat pembuatannya yang masih tradisional? Maka kamu harus mendatangi Gudeg Pawon. Gudeg ini baru buka pukul 10:00 malam dan biasanya sudah akan penuh dengan antrean turis serta warga lokal yang ingin mencicipi gurih dan legitnya gudeg yang berdiri sejak 1958 ini. Suasana otentik yang kamu dapatkan ketika berkunjung ke Gudeg Pawon tidak akan bisa ditemukan di mana-mana.

Gudeg Pawon

4.7/5
Gudeg Pawon
Umbulharjo, Yogyakarta

4. Gudeg Permata

Foto: TripAdvisor

Gudeg yang terletak di belakang bekas bioskop Permata ini mulai buka di malam hari. Namanya sudah melegenda dan menjadi favorit banyak kalangan di Yogyakarta. Di sini, gudeg kreasi mereka sangat khas dengan kuah areh (bumbu yang digodog) yang berempah dan sangat gurih. Kamu juga jangan melewatkan ayam kampung atau pejantan yang dimasak dengan bumbu yang mirip dengan bumbu gudeg hingga manis dan legit hingga ke bagian dalam.

Gudeg Permata

4.6/5
Gudeg Permata
Pakualaman, Yogyakarta

5. Gudeg Yu Djum Pusat

Foto: Gudeg Yu Djum Pusat

Nama Yu Djum sudah menjadi ikon gudeg nasional. Walaupun Yu Djum sendiri telah berpulang di tahun 2016 lalu, warisan rasanya tetap melegenda. Di sini, gudeg kering yang pekat dengan cita rasa manis dan gurih dan sambal goreng kereceknya yang pedas sopan menjadi favorit. Kalau kamu ingin memberikan oleh-oleh untuk kerabat tercinta, Gudeg Yu Djum juga punya paket khusus untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum Pusat

4.5/5
Gudeg Yu Djum Pusat
Jalan Wijilan, Kraton

6. Warung Gudeg B. Djuminten

Foto: santapjogja.com

Gudeg Bu Djuminten mudah untuk ditemukan karena berlokasi di sebuah hook di perempatan Jalan Kranggan dan Jalan Asem Gede. Di sini, kamu bisa memesan menu gudeg yang tidak terlalu kering namun dibasahi dengan areh yang dimasak hingga pekat. Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh, Gudeg Bu Djuminten juga menyediakan yang namanya gudeg kendil, yaitu gudeg yang dibungkus di dalam sebuah periuk kecil dari tanah liat tradisional.

Warung Gudeg B. Djuminten

4.2/5
Warung Gudeg B. Djuminten
Jetis, Yogyakarta

7. Gudeg Sagan

Foto: TripAdvisor

Kalau kamu bosan dengan gudeg yang menggunakan nasi putih sebagai karbohidratnya, kamu bisa mampir ke Gudeg Sagan untuk coba versi bubur milik mereka. Nah, lain dengan penjual gudeg pada umumnya yang lebih tradisional, di sini area outdoor dan adanya live music justru membuat mayoritas pelanggannya adalah anak muda. Namun jangan khawatir, cita rasa yang dipertahankan oleh Gudeg Sagan tetap tradisional dan medhok (kental dengan rasa asli).

Gudeg Sagan

4.7/5
Gudeg Sagan
Depok, Yogyakarta
Traveloka Eats

Traveloka Eats

Traveloka Eats' Pick

Tim penulis Traveloka yang gemar makan sana sini dan membagikan informasi tentang tempat-tempat kuliner untuk kamu.