Lokasi Sekarang

Legenda Restoran Jepang di Ibukota yang Wajib Coba

Jakarta · Pilihan restoran-restoran Jepang yang legendaris di ibukota.

8 orang suka ini

Foto Oleh: Shutterstock

Hidangan khas Jepang bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Beberapa dari restoran Jepang di ibukota bahkan telah ada sejak puluhan tahun lalu.
Tidak sulit mencari restoran Jepang di Jakarta. Beragam restoran yang cukup modern kerap membuka gerainya satu per satu, namun ada beberapa nama yang tetap bertahan bahkan sejak 50 tahun yang lalu. Restoran-restoran Jepang legendaris tersebut terus berdiri dan masih menarik minat para pengunjungnya, sehingga kualitas dan keaslian hidangannya pun tidak perlu diragukan lagi. Mau mencobanya? Yuk, simak 6 tempat berikut ini.

1. Kikugawa Restaurant

Foto: Kikugawa Restaurant

Hormat kepada Kikugawa, restoran Jepang pertama di kota Jakarta yang berusia lebih dari 50 tahun. Restoran ini berlokasi di Jalan Cikini IV yang mungil. Di sini, kamu seperti merasa berada di dalam ryokan (penginapan tradisional Jepang) di jantung ibukota. Menu klasik seperti bento, teriyaki dan tempura dengan harga terjangkau tetap menjadi favorit pengunjung ketika mampir ke Kikugawa.

Kikugawa Restaurant

4.5/5
Kikugawa Restaurant
Cikini, Menteng

2. Shima Japanese Restaurant at Aryaduta Hotel

Foto: Aryaduta Jakarta

Penikmat kuliner di Jakarta harus berterima kasih kepada Shima, karena restoran inilah yang pertama kali ngenalin kota Jakarta dengan konsep teppanyaki lebih dari 40 tahun lalu. Shima terletak di hotel Aryaduta Tugu Tani (Tugu Pahlawan), Gambir. Kalau untuk daging, kualitas Shima tak perlu diragukan. Mulai dari daging Australia sampai daging Kobe khas Jepang bisa jadi pilihan utama untuk menu teppanyaki kamu.

Shima Japanese Restaurant at Aryaduta Hotel

4.2/5
Shima Japanese Restaurant at Aryaduta Hotel
Senen, Jakarta Pusat

3. Keyaki

Restoran ini terletak di salah satu hotel bintang lima tertua di Jakarta, Sari Pan Pacific. Dulu, restoran ini bernama Furusato. Kalau kamu lagi berada di kawasan Thamrin, nggak ada salahnya untuk mampir dan mencoba restoran ini. Sekarang, Keyaki masih tetap menyajikan menu Jepang berkualitas seperti ragam sushi, bento dan Japanese steak. Letaknya yang berada di Jalan M.H. Thamrin sangat mudah diakses dari mana saja

Keyaki

4.7/5
Keyaki
Thamrin, Jakarta Pusat

4. Sushi Tengoku - Radio Dalam

Kalau kamu penggemar sushi, rasanya tidak afdol kalau belum pernah makan di Sushi Tengoku. Legenda sushi Jepang yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat Jakarta sebagai salah satu outlet sushi pertama di ibukota. Buat harga sendiri, Sushi Tengoku terbilang cukup terjangkau untuk kualitas sushi mereka yang prima. Mulai dari paket komplit sushi sampai sepiring udon hangat bisa jadi pilihan kamu.

Sushi Tengoku - Radio Dalam

4.5/5
Sushi Tengoku - Radio Dalam
Gandaria, Gandaria

5. Kahyangan Japanese Restaurant at Pullman Hotel

Foto: Pullman Jakarta Indonesia

Ini dia restoran shabu-shabu bintang lima pertama di ibukota. Kahyangan bertempat di gedung Wisma Nusantara dengan pemandangan Bundaran HI yang ramai di depannya. Kalau kamu ingin menikmati shabu-shabu kelas atas, menu Signature Kahyangan yang berisi mulai dari pilihan wagyu Kagoshima sampai seafood seperti kepiting Alaska perlu kamu pertimbangkan untuk dicoba.

Kahyangan Japanese Restaurant at Pullman Hotel

4.7/5
Kahyangan Japanese Restaurant at Pullman Hotel
Thamrin, Jakarta Pusat

6. Sumire at Grand Hyatt Hotel

Foto: Grand Hyatt Jakarta

Nama Sumire identik dengan pelayanan dan kualitas yang tinggi. Restoran ini terletak di hotel Grand Hyatt Jakarta dan menawarkan kamu dengan makanan dan pelayanan kelas atas. Kamu harus coba ikon restoran ini, ikan gindara teriyaki yang dipanggang dengan sempurna hingga selembut mentega. Juga variasi sushi dan sashimi yang bisa kamu nikmati di Sushi Room yang sangat private dan tenang. Buat penikmat teppanyaki, Sumire juga punya loh koleksi menu yang sayang untuk dilewatkan.

Sumire at Grand Hyatt Hotel

4.3/5
Sumire at Grand Hyatt Hotel
Thamrin, Jakarta Pusat
Traveloka Eats

Traveloka Eats

Traveloka Eats Team

Tim penulis Traveloka yang gemar makan sana sini dan membagikan informasi tentang tempat-tempat kuliner untuk kamu.