Lokasi Sekarang

Icip-icip Street Food Legendaris Khas Surabaya

Surabaya · Kelezatan jajanan kaki lima legendaris di Kota Pahlawan.

2 orang suka ini

Sumber Foto: Shutterstock

1. Lontong Balap Pak Gendut

Kedai lontong balap yang sudah melegenda ini bisa jadi pilihan kamu untuk mencicipi salah satu kuliner ikonik Kota Pahlawan. Lontong yang padat dan gurih dengan kuah berdasar kecap yang manis, diberikan kecambah yang renyah. Belum lagi tambahan sate kerang, sambal petis dengan aroma eksotis dan juga lento (perkedel dari kacang tolo) yang menjadi ciri khas hidangan yang sudah ada lebih dari 60 tahun ini. Lontong Balap Pak Gendut hanya bisa ditemukan di Surabaya dan tidak membuka cabang di tempat

Lontong Balap Pak Gendut

4.6/5
Lontong Balap Pak Gendut
Tambaksari, Surabaya

2. Bebek Goreng Papin

Bebek Goreng Papin telah ada sejak tahun 1990. Bebek goreng yang hanya buka di malam hari ini sudah sejak lama jadi pilihan warga untuk bersantap malam. Suasana tempat makan yang terbuka, ramai dan terang benderang ini makin mantap dengan aroma bebek goreng dan sambal yang menggelitik lidah. Di tempat ini, kamu bisa nikmati tiap bagian bebek yang digoreng mulai dari kepala, paha, dada sampai jeroan. Tidak lupa juga sambal pedas khas Madura menjadi pendamping yang tepat untuk sang bebek.

Bebek Goreng Papin

4/5
Bebek Goreng Papin
Wiyung, Surabaya

3. Sego Sambel Mak Yeye

Bagi masyarakat asli Surabaya nasi sambel adalah salah satu makanan favorit yang sering dinikmati. Meski hanya berupa gerai warung sederhana di tepi jalan, namun Nasi Sambel Mak Yeye menjadi primadona di Kota Pahlawan ini. Menu yang disajikan adalah ikan pe atau ikan pari dengan sambel tomat terasi pedas. Jika kamu kurang suka dengan ikan pari, kamu bisa menggantinya dengan lauk tempe, tahu, atau telur dadar.

Sego Sambel Mak Yeye

4.6/5
Sego Sambel Mak Yeye
Wonokromo, Surabaya

4. Rujak Cingur Genteng

Ini dia rujak legendaris yang berusia lebih dari 70 tahun. Rujak yang terletak di Jl.Genteng Durasim ini Terdiri dari irisan tempe, tahu, sayuran atau buah seperti bengkoang, mangga muda, tauge, lontong serta bumbu kacang dan petis yang legit. Tak lupa,daging cingur atau moncong sapi yang gurih dan lembut, menambah kenikmatan cita rasa rujaknya. Kalau sudah coba rujaknya, menu lain seperti sop buntut dan nasi rawon yang juga tak kalah lezat.

Rujak Cingur Genteng

5/5
Rujak Cingur Genteng
Genteng, Surabaya

5. Warung Sate Kelapa Ondomohen

Sate legendaris di Surabaya ini layak untuk dicoba karena pengolahan daging sate yang berbeda dengan sate lainnya. Mirip dengan pembuatan gepuk, sate ini direndam dengan bumbu yang khas yang terbuat dari kelapa parut sangrai yang gurih, harum, dan dicampur dengan rempah-rempah yang aromatik. Rasa gurih dari kelapa parut yang terkena panasnya arang yang menjadikan sate kelapa ini unik. Kalau kamu mau mencoba, kamu harus datang ke Surabaya karena tempat ini tidak membuka cabang di kota lain.

Warung Sate Kelapa Ondomohen

4.4/5
Warung Sate Kelapa Ondomohen
Genteng, Surabaya
Kevindra Prianto

Kevindra Prianto

Food Writer & Culinary Editor

Penulis dan editor kuliner ini senang melakukan eksplorasi makanan. Streetfood favoritnya tidak lain adalah sate ayam Madura.