Lokasi Sekarang

8 Tempat Makan Wajib Kunjung di Jakarta

Jakarta · Segera masukkan di jadwal akhir pekan!

1 orang suka ini

Foto: Instagram @kaum_jakarta

Sebagai sebuah melting pot, Jakarta memiliki kekayaan kuliner yang tak ada habisnya untuk ditelusuri. Namun, kadang ada cita rasa yang tak pernah berubah. Berawal dari resep yang diwariskan dari generasi ke generasi, pengalaman rasa dan cerita yang tersimpan di balik sebuah hidangan masih bisa turut kita selami hingga kini.
Jika kamu tak punya waktu banyak untuk mencicipi satu-persatu kuliner yang tersembunyi di sudut-sudut ibukota, maka pastikan kamu sudah mencicipi kuliner bercita rasa autentik berikut ini.

1. Nasi Ulam Misjaya

Foto: TripAdvisor

Tak banyak yang tahu bahwa nasi ulam juga merupakan salah satu sajian tradisional khas Jakarta. Terbilang cukup langka untuk ditemui, Nasi Ulam Misdjaya pun menjadi istimewa karena tetap bertahan tanpa tergerus zaman. Seporsi nasi ulam disajikan dengan taburan tempe, tahu, kentang, telur rebus, irisan telur dadar, ikan asin, keripik kentang, dendeng, dua jenis kerupuk, lengkap dengan kuah semur manis sebagai penyeimbang rasa.

Nasi Ulam Misjaya

4.4/5
Nasi Ulam Misjaya
Glodok, Taman Sari

2. Gado-Gado Bonbin

Foto: TripAdvisor

Masih di Cikini, kamu juga bisa melipir ke Gado-Gado Bonbin untuk menikmati cita rasa kuliner legendaris. Tempatnya yang sederhana menyimpan kenikmatan tersendiri melalui sepiring sayur-sayuran yang disajikan dengan legitnya bumbu kacang. Uniknya lagi, kamu dapat menambahkan sambal tauco yang disediakan untuk menyantap gado-gado ini. Untuk opsi lainnya, kamu juga dapat mencicipi lontong cap gomeh, ayam goreng kampung, hingga asinan dengan bumbu kacang.

Gado-Gado Bonbin

4.5/5
Gado-Gado Bonbin
Cikini, Menteng

3. Soto Betawi H. Ma'ruf

Foto: TripAdvisor/ JalanHobby

Wisata kuliner di Jakarta belum lengkap tanpa mencicipi soto Betawi autentik dari kota ini. Salah satu yang paling legendaris adalah Soto Betawi H. Ma’ruf di Cikini. Konon, sang pemilik telah merintis usaha ini sejak tahun 1940. Sejak saat itu pula, semangkuk soto dengan bumbu racikan khas pada kuah yang gurih dengan daging yang empuk ini kian populer di ibukota. Selain soto Betawi, kamu juga bisa menikmati laksa Betawi yang tak kalah lezat.

Soto Betawi H. Ma'ruf

4.4/5
Soto Betawi H. Ma'ruf
Cikini, Menteng

4. Warung Kopi Es Tak Kie

Foto: TripAdvisor

Berdiri pada 1927, nama Tak Kie rupanya sarat akan makna. Kata “Tak” berarti orang yang bijaksana dan sederhana. Sementara kata “Kie” berarti mudah diingat orang. Sesuai namanya pula, kedai yang didirikan oleh seorang perantau dari Tiongkok bernama Liong Kwie Tjong ini menawarkan es kopi sebagai menu andalannya. Agar tak kehabisan, kamu sebaiknya datang sebelum jam makan siang. Selain itu, ada pula kopi panas hingga aneka makanan seperti nasi campur, bakmi, dan nasi tim.

Warung Kopi Es Tak Kie

3.6/5
Warung Kopi Es Tak Kie
Pinangsia, Taman Sari

5. Union - Plaza Senayan

Foto: Instagram @unionjkt

Restoran yang satu ini sudah menjadi pilihan favorit kaum urban Jakarta kalau ingin duduk santai sambil menikmati pilihan minuman jenis cocktail yang merupakan salah satu yang terbaik di ibukota. Restoran kreasi chef Adhika Maxi ini punya pilihan makanan mulai dari kuliner Asia sampai kuliner Barat. Apabila berkunjung ke Union Brasserie, kamu bisa datang di siang hari ataupun malam bila ingin suasana yang jauh lebih hidup dan meriah.

Union - Plaza Senayan

4.4/5
Union - Plaza Senayan
Plaza Senayan, Senayan

6. Kaum

Foto: Kaum.com

Restoran Indonesia kontemporer ini merupakan salah satu yang paling digemari oleh para foodies di Jakarta. Dengan interior restoran yang memadukan desain rumah kolonial, pilihan pola dinding dan kain yang terinspirasi dari motif kain tradisional, yang dipadukan dengan bentuk ruang makan yang kontemporer dan semi industrial sangat memanjakan mata. Untuk makanan sendiri, restoran ini menyajikan aneka pilihan menu tradisional mulai dari Aceh hingga Maluku.

Kaum

4.5/5
Kaum
Thamrin, Jakarta Pusat

7. Toko Kopi Tuku - Cipete

Foto: Instagram @ tokokopituku

Siapa yang tidak kenal toko kopi yang satu ini. Toko Kopi Tuku dikenal luas setelah presideng Joko Widodo secara mengejutkan mampir ke sini tanpa pemberitahuan. Toko kopi yang terletak di jalan Cipete Raya ini adalah salah satu bagian dari maraknya coffee culture di Jakarta. Menu yang wajib kamu pesan di sini tentu saja Es Kopi Susu Tetangga miliknya yang ikonik.

Toko Kopi Tuku - Cipete

4.6/5
Toko Kopi Tuku - Cipete
Cipete Selatan, Cilandak
Traveloka Eats Curator

Traveloka Eats Curator

Traveloka Eats Team

Tim penulis Traveloka yang gemar berwisata kuliner, mengeksplorasi rasa dan membagikan informasi yang menggugah selera untuk kamu.