Lokasi Sekarang

10 Wisata Kuliner Makassar Rekomendasi Penduduk Lokal

Makassar · Berburu makanan enak dan menggoyang lidah di kota Makassar.

Sumber Foto: Shutterstock

Traveloka Eats Curator

Traveloka Eats Curator

Traveloka Eats Team

Tim penulis Traveloka yang gemar berwisata kuliner, mengeksplorasi rasa, dan membagikan informasi yang menggugah selera untuk kamu

Pilihan Penulis

Casual Dining · Makassar

Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja
Ujung Pandang, Makassar

Baso Ati Raja berdiri pada tahun 1994 dan seketika itu juga namanya meroket menjadi salah satu makanan yang digemari dan wajib dicicipi saat berwisata kuliner di Makassar. Biasanya pengunjung akan mendapatkan rekomendasi langsung dari pelayan mengenai menu andalan di Baso Ati Raja, sehingga pengunjung akan mendapatkan pilihan terbaik dari menu yang ada. Menu rekomendasi dari Baso Ati Raja ini antara lain, Baso Goreng, Baso Kuah, dan Buras (beras yang dibungkus dengan daun pisang yang dikukus).

Cepat Saji · Cina

Mie Titi Panakkukang

Mie Titi Panakkukang
Panakkukang, Makassar

Mie dengan tekstur yang renyah ini sangat digemari penduduk lokal maupun turis. Kepopuleran hidangan ini dimulai dari seorang warga keturunan Tionghua yang tinggal di Makassar, yaitu Ang Kho Tjao. Hidangan ini menggunakan mie khas Makassar yang bertekstur renyah mirip dengan I fu mie. Mie Titi yang renyah ini dinikmati dengan kuah kental yang berisi potongan daging sapi dan ayam, udang, telur, dan sayuran segar.

Casual Dining · Makassar

Coto Nusantara

Coto Nusantara
Wajo, Makassar

Coto merupakan ikon kuliner yang mewakili cita rasa khas kota Makassar. Dengan perpaduan rempah yang terkandung di kuah coto yang hangat dan potongan daging sapi yang empuk, coto nusantara ini memanjakan lidah para penikmatnya. Tidak sekadar enak, namun seporsi coto dan nasi sudah cukup mengenyangkan. Rasanya yang khas dan berbeda dari coto khas Makassar yang lain membuat Coto Nusantara menjadi salah satu pilihan kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Makassar.

Casual Dining · Asia

Rumah Makan Seafood Apong

Rumah Makan Seafood Apong
Panakkukang, Makassar

Sebenarnya RM Seafood Apong menyuguhkan sajian berbahan dasar seafood seperti restoran seafood kebanyakan. Namun, yang istimewa adalah sambal dabu-dabu dengan kombinasi sambal, daun kemangi, jeruk nipis, dan tomat muda yang tentu saja menambah selera makan para pengunjung. Ikan sukang bakar parape juga wajib dicoba ketika bertandang ke sini. Tampilan ikannya berwarna putih tanpa kulit, dibakar dan disajikan dengan sambal yang terpisah.

Casual Dining · Makassar

Pallu Basa Serigala

Pallu Basa Serigala
Mamajang, Makassar

Salah satu tempat sop pallu basa yang paling terkenal di Makassar adalah Sop Pallu Basa Serigala. Kayanya rasa rempah di sop pallu basa ini membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Memang, hidangan ini sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang menggemari makanan yang kuat akan rasa dari rempahnya. Kuah sop yang gurih dicampur dengan potongan daging sapi yang melimpah, dapat ditambah dengan telur atau potongan ketupat sebagai pelengkap.

Jajanan · Makassar

Jalangkote Lasinrang

Jalangkote Lasinrang
Ujung Pandang, Makassar

Sekilas, jajanan ini tampak seperti pastel yang biasa ditemui di pasar atau kedai jajanan pasar khas Indonesia. Namun, yang berbeda antara pastel dan jalangkote adalah kulitnya. Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan pastel. Adapun perbedaan lainnya terdapat pada bumbu pendamping. Biasanya pastel dimakan dengan cabai rawit, sedangkan jalangkote dimakan dengan cara dicocol dengan kuah cair yang pedas. Jalangkote Lasinrang adalah salah satu yang terkenal dan wajib kamu coba.

Casual Dining · Makassar

Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi
Gowa, Sulawesi Selatan

Sop Konro Karebosi didirikan pada tahun 1968. Sejak awal didirikan hingga sekarang, Sop Konro Karebosi menjadi tujuan pertama masyarakat Makassar yang ingin menikmati semangkuk sop konro. Sop ini terbuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup. Di sini, ada pula menu konro bakar yang terdiri dari daging iga sapi panggang serta bumbu kacang racikan khas Makassar. Kalau kamu berkunjung ke Makassar, jangan lupa mampir ke tempat legendaris satu ini, ya!

Casual Dining · Makassar

La Galigo

La Galigo
Pettarani, Makassar

Jika berbicara mengenai kuliner kota Makassar, maka akan tidak lengkap tanpa menyebut es pisang ijo. La Galigo Resto menyediakan es pisang ijo yang melegenda di kota Makassar. Selain potongan pisang, es pisang ijo ini berisi bubur sumsum yang lembut dan gurih, kemudian dipadukan dengan sirup manis yang kental dan menyegarkan, lalu dicampur dengan es serut. Bahan utama dari makanan khas Makassar ini, yaitu pisang, dipilih dengan seksama untuk memberikan cita rasa yang terbaik.

Casual Dining · Asia

Restaurant Surya Super Crab

Restaurant Surya Super Crab
Wajo, Makassar

Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan laut yang menggugah selera. Salah satu jenis makanan yang terlintas di benak ketika bertandang ke Restoran Surya Super Crab adalah kepiting saus Padang dan kepiting lada hitamnya yang ikonik. Ditemani dengan sepiring mantau goreng yang menjadi pelengkap hidangan gurih ini, jangan heran jika kamu ketagihan dengan kelezatan bumbunya.

Casual Dining · Asia

Warung Makan Ikan Segar Lae-Lae

Warung Makan Ikan Segar Lae-Lae
Pantai Losari, Makassar

Pesona laut Makassar memang sudah tidak diragukan lagi reputasinya. Salah satu restoran yang dikenal dengan bahannya yang segar adalah Ikan Bakar Lae Lae. Pengunjung diperbolehkan untuk memilih bahannya sendiri seperti ikan, cumi, udang, dan lain-lain, sebelum akhirnya ditimbang dan pengunjung dapat langsung menentukan sendiri mau dimasak dengan bumbu apa. Apapun bumbunya, kenikmatan seafood yang segar memang tidak dapat dipungkiri. Nagih!