Philippine Airlines

Cari tiket pesawat Philippine Airlines murah dan promo di sini!

Asal
...
Tujuan
...
Pulang Pergi?
Berangkat
14 December 2018
Penumpang
1 Dewasa
Kelas Penerbangan
Economy

Philippine Airlines: Pengantar

Philippine Airlines adalah salah satu maskapai penerbangan pertama yang sukses di Asia yang telah beroperasi sejak 1941. Masih mempertahankan nama aslinya, maskapai ini melayani 77 rute penerbangan domestik dan internasional di berbagai negara dan benua seperti Asia Timur, Asia Tenggara, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Oseania. Philippine Airlines menawarkan penerbangan dalam tiga kelas yaitu Fiesta Class, Premium Economy, dan Mabuhay Class.

Kelas Penerbangan Philippine Airlines

Kelas Fiesta

Fiesta Class dari Philippine Airlines, yang setara dengan kelas ekonomi, menawarkan pelayanan bermutu dan kabin nyaman dengan harga murah. Kelas ini menawarkan fasilitas bermutu termasuk kursi Weber yang nyaman dan dilengkapi meja lipat, layar video di setiap punggung kursi, serta perangkat hiburan audio dari Panasonic eX2 Entertainment System. Kursi di Fiesta Class memiliki dudukan yang dapat didorong atau dinaikkan demi meningkatkan kenyamanan. Sementara itu, interiornya dirancang menggunakan paduan warna tropis — lengkap dengan warna tanah dan biru, serta pola bergelombang di kursi, karpet, serta tirainya.

Makanan di Pesawat

Penumpang di Fiesta Class dapat menikmati beragam hidangan khas Filipina, serta paduan menu lokal dan modern, lengkap dengan pilihan minuman baik dengan atau tanpa alkohol. Minuman beralkohol yang disediakan di Fiesta Class antara lain wiski, gin, vodka, brandy, anggur merah, anggur putih, dan bir. Makanan ringan juga tersedia di semua penerbangan yang durasinya melebihi 45 menit, kecuali dalam pesawat Q300 dan Q400.

Kelas Ekonomi Premium

Kelas Ekonomi Premium tersedia hanya pada penerbangan Philippine Airlines yang menggunakan pesawat A321 dan A330. Meskipun rancangan kursinya tidak jauh berbeda dengan kursi di Fiesta Class, kursi di Premium Economy Class memberikan ruang kaki yang lebih luas sebanyak 4 – 5 inci, memberikan penumpang ruang kaki seluas 34 – 36 inci secara keseluruhan. Pada beberapa penerbangan, iPad juga tersedia bagi para penumpang Premium Economy Class selama penerbangan.

Makanan di Pesawat

Phillipine Airlines bekerja sama dengan koki atau tokoh kuliner ternama untuk menyediakan hidangan istimewa bagi penumpangnya selama acara Food Festivals in the Sky. Serupa dengan hidangan di Fiesta Class, penumpang Premium Economy Class dapat memilih menu tradisional maupun fusion, lengkap dengan beragam pilihan minuman, mulai dari jus hingga vodka.

Kelas Mabuhay

Mabuhay Class, atau yang setara dengan penerbangan kelas bisnis, menawarkan kenyamanan luar biasa selama penerbangan lewat Panasonic eX2 Entertainment System, kursi dengan sandaran yang bisa diatur sesuai kenyamanan, serta TV pribadi berlayar sentuh di lengan kursi. Penumpang bisa menggunakan fasilitas seperti tempat pengisian baterai laptop, lampu baca, serta porta USB untuk layanan hiburan yang lebih personal. Pilihan hiburan di Mabuhay Class mencakup beragam pilihan film Hollywood, film lokal produksi Filipina, beragam album musik, dan 12 saluran radio. Desain dalam kabin memiliki kesan mewah, menggunakan paduan warna biru gelap dan aksen perak.

Makanan di Pesawat

Philippine Airlines menyajikan pilihan hidangan berkualitas dengan cita rasa Barat, Jepang dan Filipina, yang dibuat dari bahan-bahan segar. Dibandingkan dengan Fiesta Class dan Premium Economy Class, penumpang Mabuhay Class mendapat pilihan minuman beralkohol lebih banyak, yang mencakup rum, cognac, koktail, aperitif, dan sampanye. Philippine Airlines juga bekerja sama dengan koki atau tokoh kuliner ternama untuk menyediakan hidangan istimewa bagi penumpangnya selama acara Food Festivals in the Sky.

Layanan Khusus Philippine Airlines

Mabuhay Miles

Philippine Airlines menawarkan program frequent flyer bernama Mabuhay Miles, yang terbuka untuk penumpang berusia 2 tahun ke atas. Mabuhay Miles memberikan poin setiap kali penumpang melakukan penerbangan, baik dengan rute domestik maupun internasional, bersama Philippine Airlines atau maskapai rekanan seperti All Nippon Airlines (ANA) dan Etihad Airlines. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan penerbangan dengan kelas yang lebih tinggi, suvenir, diskon tiket, penyewaan mobil, hotel, dan masih banyak lagi. Penumpang juga bisa mendapatkan poin ketika berbelanja secara online di Sky Boutique. Tak hanya itu, anggota Mabuhay Miles Elite ke atas secara otomatis mendapatkan akses ke ruang tunggu bandara.

Ruang Tunggu Bandara

Penumpang kelas bisnis, atau Mabuhay Class, serta anggota Mabuhay Miles yang terbang dalam rute penerbangan domestik maupun internasional berhak mendapat akses ke ruang tunggu eksklusif Philippine Airlines. Penumpang dapat menikmati beragam fasilitas seperti koneksi internet, makanan kecil, aneka minuman, TV layar datar dengan berbagai pilihan saluran dan video, bahkan layanan pijat. Penumpang juga dapat mengisi daya peralatan elektroniknya atau bekerja menggunakan fasilitas bisnis yang tersedia seperti mesin faks, telepon, dan komputer. Philippine Airlines memiliki ruang tunggu domestik di bandara Manila, Davao, General Santos, dan Cebu. Sementara penumpang yang melakukan penerbangan internasional dapat menikmati ruang tunggu di bandara Abu Dhabi, Dubai, Bali, Bangkok, Singapura, Hong Kong, New York, Los Angeles, Melbourne, Sydney, Nagoya, dan Osaka.

Armada Philippine Airlines

Boeing 777-300ER

Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3 (Economy)
  • 2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 32 inches (Economy)
  • 45 inches (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Boeing 777-300ER

Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3 (Economy)
  • 2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 32 inches (Economy)
  • 40 inches (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Boeing 777-300ER

Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3 (Economy)
  • 2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 32 inches (Economy)
  • 40 inches (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Kru Pesawat Philippine Airlines

Pramugari dan pramugara Philippine Airlines menggunakan seragam yang memadukan nasionalisme Filipina dengan karakteristik visual maskapai. Desain saat ini menunjukkan penampilan yang kontemporer, namun tetap dengan sentuhan khas Filipina. Kemeja putih dipadukan dengan jas berwarna khaki, serta celana panjang atau rok selutut berwarna senada, lengkap dengan syal merah, putih dan biru. Desain yang indah namun praktis membuat para pramugari dan pramugara lebih cekatan dalam pelayanan terhadap penumpang, tanpa mengabaikan ciri khas Philippine Airlines serta identitas kebangsaannya.

Kebijakan Penumpang Philippine Airlines

Kebijakan Penumpang Bayi

  • Untuk alasan keselamatan, bayi berusia kurang dari 16 hari tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 2 tahun terdaftar sebagai penumpang “tanpa kursi” (no seat passenger). Orang tua atau wali tidak perlu memesan tiket terpisah untuk bayi, tetapi mereka bisa mendaftarkan penumpang bayi ketika melakukan pemesanan tiket secara online.
  • Setiap penumpang dewasa hanya diperbolehkan membawa satu bayi.
  • Keranjang bayi (baby bassinet) tersedia di semua armada Philippine Airlines, kecuali dalam penerbangan yang menggunakan pesawat Q300, Q400, A320 dan A321, untuk penerbangan berdurasi tiga jam atau lebih. Penumpang yang ingin menggunakan fasilitas ini harus melakukan pemesanan setidaknya 24 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Penumpang bayi dalam penerbangan dari Filipina ke Amerika Serikat, Kanada atau Guam mendapat tambahan kapasitas bagasi sebanyak 10 kg, serta sebuah kereta dorong atau kursi bayi yang bisa dilipat, dengan tambahan biaya sebesar 10% dari harga tiket penumpang dewasa.
  • Penumpang bayi dalam perjalanan dari Filipina ke negara-negara selain Amerika Serikat, Kanada atau Guam mendapat tambahan kapasitas bagasi sebanyak 7 kg, serta sebuah kereta dorong atau kursi bayi yang bisa dilipat, dengan tambahan biaya sebesar 10% dari harga tiket penumpang dewasa.
  • Philippine Airlines tidak menyediakan makanan khusus bayi. Orang tua disarankan menyiapkan makanan bayi sendiri, terutama jika bayi yang bersangkutan memiliki alergi atau masalah kesehatan yang membutuhkan makanan khusus.
  • Jika penumpang bayi memiliki penyakit kronis atau kondisi kesehatan yang membutuhkan perhatian khusus, orang tua atau wali wajib menginformasikan pihak maskapai mengenai hal ini pada saat pemesanan tiket.
  • Philippine Airlines tidak bertanggung jawab terhadap penyakit kronis yang kambuh, atau situasi apa pun yang berada di luar kendali pihak maskapai.

Kebijakan Penumpang Anak

  • Untuk alasan keselamatan, anak berusia 2 tahun ke atas harus duduk di kursi sendiri. Tarif yang berlaku adalah tarif standar untuk penumpang anak.
  • Jika penumpang bayi berusia 2 tahun tepat pada waktu penerbangan pulang, orang tua atau wali wajib membayar tarif standar untuk penumpang anak.
  • Setiap penumpang anak wajib didampingi oleh orang dewasa berusia minimal 18 tahun. Pendamping berusia kurang dari 18 tahun tidak akan dihitung sebagai pendamping, kecuali karena alasan tertentu yang disetujui oleh pihak maskapai.
  • Penumpang anak yang didampingi orang dewasa lain selain orang tua atau walinya harus membawa surat resmi serta dokumen yang menjelaskan mengapa orangtua tidak bisa mendampingi anak tersebut, seperti karena alasan penyakit, kematian, atau masalah imigrasi.
  • Hanya penumpang anak berusia antara 8 dan 12 tahun yang diperbolehkan melalukan penerbangan sendirian, selama mendapatkan izin khusus dengan alasan yang masuk akal.
  • Penumpang anak tanpa pendamping harus mendaftarkan diri menggunakan formulir Davao City Children’s Welfare Code (DSWD), yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di Filipina saat ini. Orang tua atau wali bisa mengunduh formulir tersebut di situs resmi DSWD: https://DSWD.gov.ph
  • Philippine Airlines menerapkan biaya tambahan untuk setiap penumpang anak yang melakukan penerbangan tanpa pendamping.
  • Philippine Airlines mewajibkan penumpang anak tanpa pendamping untuk dijemput sesuai dengan persetujuan yang telah dilakukan antara pihak maskapai dan orangtua atau wali. Jika tidak ada yang menjemput anak di tujuan, penumpang anak tersebut akan diterbangkan kembali ke tempat keberangkatannya, dan orang tua atau wali harus menanggung biaya penerbangan kembali tersebut.
  • Orang tua atau wali wajib menyediakan informasi terkait penjemputan penumpang anak di bandara tujuan, serta menyampaikan informasi tersebut ke kantor pemesanan tiket Philippine Airlines. Informasi tersebut mencakup titik penjemputan, waktu, serta deskripsi dari pihak penjemput.
  • Semua dokumen dan surat resmi terkait penumpang anak tanpa pendamping harus diserahkan ke pihak Philippine Airlines.
  • Jika penumpang anak memiliki masalah kesehatan atau kondisi spesifik yang membutuhkan perhatian khusus, orang tua atau wali wajib menginformasikan pihak maskapai mengenai hal ini pada saat pemesanan tiket.

Kebijakan Penumpang Hamil

  • Penumpang hamil wajib melengkapi formulir Lembar Informasi bagi Ibu Hamil, atau Expectant Mother Information Sheet (EMIS), yang bisa diunduh di situs resmi Philippine Airlines, dan menyerahkannya ke kantor penjualan tiket Philippine Airlines.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 24 minggu atau kurang, serta tidak memiliki komplikasi atau kondisi khusus yang memerlukan perhatian khusus, diperbolehkan berada dalam penerbangan setelah mengisi formulir EMIS Bagian 1, tanpa membutuhkan izin medis khusus.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 24 – 32 minggu, serta tidak memiliki komplikasi atau gangguan kesehatan, harus meminta dokternya untuk mengisi formulir EMIS Bagian 2.
  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 32 minggu harus menyerahkan formulir EMIS Bagian 3 yang telah diisi oleh dokter maskapai.
  • Setiap formulir EMIS memiliki masa berlaku tujuh hari, terhitung sejak tanggal dikeluarkannya formulir tersebut. Semua penumpang hamil wajib mengisinya sebelum terbang bersama Philippine Airlines.
  • Penumpang hamil yang berusia kurang dari 21 tahun harus membawa surat izin yang ditandatangani oleh orang tua, wali sah, atau suaminya.
  • Jika seorang penumpang hamil memiliki komplikasi atau kondisi spesifik yang bisa mempengaruhi kehamilannya, penumpang tersebut harus mengonfirmasi kondisinya pada pihak maskapai dan dokter kandungan sebelum melakukan pemesanan tiket.

Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas

  • Philippine Airlines menyediakan kursi roda pada saat keberangkatan dan kedatangan, beserta pendamping, untuk penumpang lanjut usia dan penumpang dengan disabilitas. Staf pendamping akan tetap tersedia untuk penumpang yang membawa kursi roda pribadi.
  • Layanan kursi roda dan pendamping hanya tersedia untuk mengantar penumpang dari area keberangkatan ke dalam pesawat, atau dari pesawat ke area kedatangan. Layanan ini tidak tersedia untuk melayani kebutuhan pribadi penumpang, seperti berbelanja di bandara.
  • Fasilitas kursi roda bisa diminta di setiap loket atau kantor penjualan tiket Philippine Airlines. Pihak maskapai hanya akan melayani penumpang yang sudah melakukan pemesanan sebelumnya untuk mendapatkan layanan ini.
  • Formulir Informasi Medis (Medical Information form/MEDIF), yang dapat diunduh di situs resmi Philippine Airlines, wajib disertakan saat meminta fasilitas kursi roda.
  • MEDIF harus diisi lengkap dan diserahkan minimal tiga hari kerja sebelum keberangkatan. Semua informasi tentang penumpang tersebut harus lengkap dan akurat.
  • Penumpang yang membawa kursi roda pribadi harus melakukan konfirmasi terhadap pihak maskapai pada saat pemesanan tiket. Selama penerbangan, kursi roda harus dilipat, diamankan, dan disimpan dalam posisi tegak.
  • Penumpang harus memastikan bahwa kursi roda yang dibawanya bebas dari bahaya kebakaran. Baterai harus terpasang dalam posisi yang benar, dan area sirkuit baterai harus diinsulasi (dilindungi dari panas).
  • Kursi roda dengan baterai yang mudah lepas dianggap sebagai barang berbahaya. Kursi roda jenis ini hanya bisa dibawa dalam penerbangan dengan persyaratan khusus.
  • Untuk alasan keselamatan, pihak maskapai membatasi tipe kursi roda yang bisa dibawa ke dalam pesawat. Lakukan konfirmasi dengan pihak maskapai sebelum membawa kursi roda pribadi.

Waktu Check-in Philippine Airlines

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Philippine Airlines dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Philippine Airlines. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

2 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Internasional

3 jam sebelum keberangkatan

Check-in Philippine Airlines Online

Check-in online untuk penerbangan Philippine Airlines dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Philippine Airlines
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Philippine Airlines

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Philippine Airlines untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Philippine Airlines

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Philippine Airlines untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Philippine Airlines.

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

Hasil Pencarian Terlengkap

Cari tiket pesawat ke 100.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa dengan mudah. Dapatkan promo tiket pesawat Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines, All Nippon Airways dan lainnya.

Harga Jujur

Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan biaya tambahan bahan bakar.

Berbagai Pilihan Pembayaran

Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

Sistem Pencarian Cerdas

Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.