Malindo Air

Cari tiket pesawat Malindo Air murah dan promo di sini!

Asal
...
Tujuan
...
Pulang Pergi?
Berangkat
14 December 2018
Penumpang
1 Dewasa
Kelas Penerbangan
Economy

Malindo Air: Pengantar

Malindo Air merupakan maskapai penerbangan dengan tarif terjangkau di Malaysia. Namanya, Malindo, merupakan singkatan dari “Malaysia – Indonesia”, yang menggambarkan perusahaan ini sebagai hasil kerja sama antara Malaysia National Aerospace and Defense Industries (NADI) dengan Lion Air dari Indonesia. Hingga saat ini, Malindo Air melayani penerbangan ke sekitar 100 kota di kawasan Asia Tenggara, dengan tiga jenis kelas penerbangan yaitu Ekonomi, Ekonomi Premium, dan Bisnis.

Kelas Penerbangan Malindo Air

Kelas Ekonomi

Kelas Ekonomi Malindo Air menawarkan pengalaman penerbangan dengan biaya terjangkau, terutama bagi mereka yang bepergian jarak jauh. Selama bagasi yang dibawa tidak melebihi 20 kg, penumpang tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya bagasi tambahan. Selain itu, jarak antara kursi memberikan ruang kaki yang cukup luas bagi penumpang, sehingga mereka dapat meluruskan kakinya bila mulai merasa lelah. Meskipun berada di kelas ekonomi, penumpang masih tetap dapat merasa nyaman selama dalam penerbangan.

Makanan di Pesawat

Dalam penerbangan Kelas Ekonomi, penumpang bisa memilih antara menu reguler atau menu khusus vegetarian, misalnya antara nasi ayam kari atau nasi sayur kari, dengan minuman dan biskuit. Semua sajian makanan maupun minuman ini dapat diperoleh dengan harga yang murah. Terlebih lagi, sajian ini dibawakan ke kursi penumpang oleh para pramugari yang ramah.

Kelas Ekonomi Premium

Kelas Ekonomi Premium dari Malindo Air memberikan pengalaman terbang yang serupa penerbangan kelas eksekutif, namun tentunya dengan harga yang sedikit lebih terjangkau. Jarak antara kursi pada kabin ini juga tergolong cukup luas, ditambah dengan koneksi WiFi serta fasilitas bagasi gratis hingga 30 kg. Terdapat juga layanan makanan, tambahan bantal dan selimut agar penumpang dapat beristirahat dengan maksimal selama penerbangan.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Premium Ekonomi dapat menikmati beragam sajian layaknya di Kelas Bisnis, tapi dengan harga yang lebih ekonomis. Menu didominasi oleh masakan Malaysia dan India, tapi tersedia pula menu lainnya seperti ayam barbeku atau nasi dengan ayam panggang. Minuman yang bisa dipesan termasuk air, kopi, atau teh. Ada juga camilan berupa buah-buahan atau biskuit.

Kelas Bisnis

Dengan fasilitas bagasi gratis hingga 40 kg dan layanan makanan, Kelas Bisnis dari Malindo Air menawarkan pengalaman terbang bagi para eksekutif, terutama yang bepergian untuk jarak jauh. Jarak antar kursi tergolong cukup luas, dilengkapi dengan bantal dan selimut untuk istirahat, serta koneksi WiFi yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang yang ingin bekerja dengan laptop selama penerbangan. Selain itu, tersedia pula layar tablet untuk menonton acara hiburan atau mendengarkan musik.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Bisnis akan mendapatkan minuman selamat datang berupa air kelapa dan camilan berupa kacang-kacangan. Penumpang juga dapat membeli makanan berat seperti nasi lemak dan sayur, atau makanan ringan seperti roti dan buah-buahan. Penumpang juga bisa memesan beragam minuman, mulai dari susu, teh, hingga kopi.

Layanan Khusus Malindo Air

Malindo Miles

Malindo Miles adalah program spesial yang ditawarkan untuk penumpang yang sering bepergian dengan maskapai penerbangan, atau frequent flyers. Dengan menjadi anggota Malindo Miles, penumpang dapat mengumpulkan poin berdasarkan jumlah penerbangan dan jarak (miles) yang telah ditempuh. Penumpang yang telah mencapai jumlah poin tertentu berhak mendapatkan kartu Malindo Miles Platinum. Salah satu keuntungan dari Malindo Miles Platinum adalah penumpang dapat melakukan check-in di ruang tunggu eksekutif di KLIA2 tanpa dikenakan biaya. Selain itu, poin juga dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan gratis bersama Malindo Air.

Malindo Lounge

Pada 8 September 2015, Malindo Air membuka ruang tunggu eksekutif di Gedung Utama Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) 2. Peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Abdul Aziz Kaprawi. Ruang tunggu eksekutif ini dapat diakses secara penuh oleh penumpang Kelas Bisnis, pemegang kartu Malindo Miles Platinum, dan anggota Malindo Corporate Gold. Penumpang Kelas Ekonomi juga dapat menikmati fasilitas ini dengan biaya sebesar RM65 (penumpang dewasa) atau RM30 Ringgit (penumpang), yang berlaku selama tiga jam. Ruang tunggu eksekutif Malindo Air beroperasi setiap hari dari pukul 06:00 hingga 22:00.

Armada Malindo Air

Boeing 737-800

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Boeing 737-900ER

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 42 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Malindo Air

Seragam pramugari Malindo Air terdiri dari kebaya dan rok kain. Sebagai atasan, pramugari mengenakan kebaya putih berkerah rendah berbentuk V dengan lengan 7/8. Sementara itu, rok yang digunakan memiliki nuansa batik dengan dominasi warna merah dan ungu. Corak ini senada dengan corak yang digunakan pada dasi pilot Malindo Air. Seragam ini, yang terdiri dari atasan kebaya serta rok dan dasi yang bercorak batik, menunjukkan ciri khas Malindo Air. Sepatu berhak rendah atau pantofel, serta kartu identitas yang disematkan di dada juga melengkapi seragam ini. Seragam awak kabin Malindo Air dirancang untuk memberikan kesan profesional, tanpa menghambat gerak mereka.

Kebijakan Penumpang Malindo Air

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 2 Tahun)

  • Untuk alasan keselamatan, bayi berusia kurang dari 2 hari tidak diizinkan dalam penerbangan.
  • Penumpang bayi hanya diizinkan berada dalam penerbangan Kelas Ekonomi atau Kelas Ekonomi Premium.
  • Bayi berusia antara 3 – 7 hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (SKM) dari dokter, yang menyatakan bayi tersebut berada dalam keadaan sehat untuk melakukan penerbangan. Surat ini harus diterbitkan dalam 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi (FGR), sebagai jaminan untuk membebaskan pihak maskapai dari tanggung jawab apabila sesuatu dan lain hal terjadi pada bayi selama penerbangan.
  • Penumpang bayi berusia 9 hari – 2 tahun mendapat harga tiket khusus.
  • Penumpang bayi tidak mendapat fasilitas bagasi. Namun kereta dorong bayi atau stroller, dan alat bantu jalan lainnya untuk bayi, dapat dibawa sebagai bagasi.
  • Penumpang bayi wajib didampingi orangtua atau orang dewasa berusia minimum 18 tahun.
  • Penumpang dewasa yang membawa bayi hanya boleh memangku satu bayi selama penerbangan.
  • Akta lahir penumpang bayi sebaiknya dibawa sebagai tanda pengenal.
  • Untuk penerbangan internasional, penumpang bayi memiliki syarat kelengkapan dokumen yang sama dengan penumpang dewasa.

Kebijakan Penumpang Anak (2 – 18 Tahun)

  • Anak berusia di atas 2 tahun dikenakan tarif yang sama seperti penumpang dewasa.
  • Anak berusia antara 2 – 12 harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa berusia minimum 18 tahun.
  • Anak berusia 12 – 18 tahun diperbolehkan melakukan perjalanan sendirian.
  • Penumpang anak harus duduk di kursi sendiri.
  • Penumpang anak disarankan untuk membawa akta lahir sebagai tanda pengenal.
  • Untuk penerbangan internasional, penumpang anak memiliki syarat kelengkapan dokumen yang sama dengan penumpang dewasa.
  • Penumpang anak dengan penyakit parah dan kemungkinan menular, atau anak dengan kebutuhan khusus, harus menyerahkan Surat Keterangan Medis (SKM) dari dokter. Surat ini harus diterbitkan dalam 72 jam sebelum keberangkatan.

Kebijakan Penumpang Hamil

  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 – 34 minggu wajib membawa Surat Keterangan Medis (SKM), yang menjamin penumpang berada dalam keadaan sehat untuk melakukan penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 35 minggu tidak diperbolehkan berada dalam penerbangan karena tidak tersedianya pelayanan darurat jika penumpang melahirkan dalam penerbangan.
  • Penumpang hamil harus mengisi Formulir Ganti Rugi (FGR) atau Form of Indemnity (FOI), yang membebaskan pihak maskapai dari tanggung jawab apabila terjadi sesuatu dan lain hal pada penumpang hamil selama dalam penerbangan.
  • Bila besarnya kandungan dirasakan menghambat gerak, penumpang bisa meminta untuk duduk di deretan kursi paling depan.
  • Jika penumpang hamil bepergian dengan anak, pastikan anak berusia setidaknya 6 – 7 tahun, atau sudah bisa duduk sendiri. Sebagai alternatif, penumpang hamil juga dapat didampingi penumpang dewasa lainnya yang berusia minimum 18 tahun, untuk membantu mengawasi anak selama penerbangan.

Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas

  • Penumpang dengan kebutuhan khusus (misalnya yang sedang dalam perawatan medis) dan/atau penyandang disabilitas harus mempersiapkan Surat Keterangan Medis.
  • Penumpang juga harus bepergian dengan pendamping yang dapat membantu mereka selama penerbangan.
  • Penumpang yang membutuhkan layanan khusus, seperti kursi roda, pendampingan selama penerbangan, menu khusus untuk penderita diabetes, atau membawa obat-obatan, disarankan untuk mendiskusikan hal tersebut dengan pihak Malindo Air sebelum penerbangan.
  • Malindo Air tidak mengizinkan penumpang yang kondisinya tidak ideal untuk berada dalam penerbangan, seperti penumpang dengan kondisi medis serius yang dapat menular ke penumpang lain dan/atau mengganggu kenyamanan penerbangan.

Waktu Check-in Malindo Air

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Malindo Air dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Malindo Air. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

60 menit sebelum keberangkatan

Check-in Malindo Air Online

Check-in online untuk penerbangan Malindo Air dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Malindo Air
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Malindo Air

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Malindo Air untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Malindo Air

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Malindo Air untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Malindo Air.

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

Hasil Pencarian Terlengkap

Cari tiket pesawat ke 100.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa dengan mudah. Dapatkan promo tiket pesawat Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines, All Nippon Airways dan lainnya.

Harga Jujur

Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan biaya tambahan bahan bakar.

Berbagai Pilihan Pembayaran

Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

Sistem Pencarian Cerdas

Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.