KLM Royal Dutch Airlines

Cari tiket pesawat KLM murah dan promo di sini!

Asal
...
Tujuan
...
Pulang Pergi?
Berangkat
15 Desember 2018
Penumpang
1 Dewasa
Kelas Penerbangan
Economy

KLM Royal Dutch Airline: Pengantar

KLM Royal Dutch Airlines, atau biasa disebut KLM, merupakan salah satu maskapai terkemuka dari Belanda. KLM merupakan bagian dari Grup Air France-KLM dan anggota aliansi maskapai penerbangan SkyTeam. Didirikan pada 1919, KLM—maskapai tertua di dunia—masih mempertahankan nama aslinya hingga sekarang. Saat ini, KLM melayani penerbangan kelas bisnis dan ekonomi ke 145 tujuan penerbangan.

Kelas Penerbangan KLM

Kelas EKonomi

Kelas Ekonomi KLM dilengkapi dengan tempat duduk ergonomis untuk memastikan kenyamanan penumpang. Bantal dan selimut juga disediakan untuk penumpang yang terbang jarak jauh. Penumpang juga bisa memilih dari serangkaian fasilitas hiburan di atas pesawat, dari fasilitas belanja hingga film, musik, serial TV dan koran internasional. Holland Herald, majalah pesawat maskapai ini, juga tersedia dalam penerbangan.

Makanan di Pesawat

Tersedia berbagai makanan serta minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak, di Kelas Ekonomi. Penumpang Kelas Ekonomi untuk penerbangan Eropa akan disajikan makanan ringan atau roti lapis yang baru saja dibuat. Adapun, penumpang penerbangan lintas benua bisa memesan menu utama (jika terbang dari Amsterdam) ataupun mengajukan menu khusus sesuai pantangannya masing-masing.

Kelas Bisnis

Di kelas ini, penumpang memperoleh tempat duduk yang lebih luas, layanan bagasi yang lebih besar, dan akses ke KLM Crown Lounges atau rekanannya. Kursi-kursi sepanjang 190 cm ini bisa direbahkan hingga 175 derajat, sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman. Perangkat listrik dan kit berisi alat pendukung kenyamanan yang didesain oleh perancang busana Belanda Jan Taminiau juga disediakan di setiap tempat duduk. Dalam penerbangan, penumpang juga bisa menikmati serangkaian hiburan, juga majalah dan koran yang telah tersedia. Penumpang Kelas Bisnis juga akan memperoleh Flying Blue Miles sebanyak 175% untuk penerbangan internasional dan 250% untuk penerbangan di sekitar Eropa.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Bisnis menikmati lebih banyak variasi menu, dari roti lapis, salad, camilan dan tapas, hingga santapan tiga hidangan lengkap dengan segelas anggur pilihan atau minuman pilihan penumpang. Maskapai penerbangan ini berkolaborasi dengan beberapa koki ternama Belanda dalam menciptakan menu dan dengan studio desain Marcel Wanders untuk peralatan makannya.

Layanan Khusus KLM

Flying Blue

Flying Blue adalah program istimewa yang diperuntukkan bagi pelanggan setia KLM Airlines. Anggota Flying Blue berhak mendapatkan berbagai macam manfaat dan keistimewaan khusus. Mereka yang berusia 2 tahun atau lebih dapat mendaftar untuk program ini dan mendapatkan poin atau miles setiap kali terbang dengan KLM atau mitra SkyTeam, seperti Air France, Aircalin, Kenya Airways, dan Tarom. Pelanggan dapat menukarkan miles ini dengan tiket penerbangan, sewa mobil, kamar hotel, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan miles, pelanggan hanya perlu menyebutkan nomor keanggotaan Flying Blue saat memesan tiket pesawat atau menggunakan layanan mitra SkyTeam.

Armada KLM

Airbus A330-300

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Ekonomi)
  • 2-2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 60 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing 787-900

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 1-2-1 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 42 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat KLM

Seragam pramugari KLM diperbarui setiap lima hingga 10 tahun. Seragam kru saat ini, yang telah diterapkan sejak 2010, terdiri dari blus warna putih, syal unik dengan lima perpaduan warna dan bros khas maskapai. Blus putih ini dipadukan dengan rompi, blazer atau sweter, dan celana panjang atau rok formal. Di musim dingin, pramugari juga mengenakan syal hitam tebal.

Kebijakan Penumpang KLM

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 2 tahun)

  • Bayi harus ditemani oleh dewasa, yang akan memangkunya selama penerbangan.
  • Seorang dewasa boleh membawa dua orang bayi, tetapi hanya boleh memangku seorang bayi. Penumpang harus membeli kursi untuk bayi lainnya.
  • Diperkenankan untuk membawa kereta bayi kecil yang dapat dilipat dan disimpan di bawah tempat duduk pesawat.
  • Penumpang bayi mendapat jatah satu bagasi kabin. Bagasi ini tidak boleh lebih berat dari 12 kg dan lebih besar dari 55 x 35 x 25 cm, termasuk pegangan tangan dan roda.
  • Penumpang bayi mendapat jatah layanan satu bagasi dengan berat maksimum 10 kg.
  • Penumpang disarankan untuk membawa makanan untuk bayinya, karena variasi makanan bayi di pesawat, termasuk dalam penerbangan internasional, terbatas. Larangan untuk membawa cairan tidak berlaku untuk makanan bayi.

Kebijakan Penumpang Anak (2 – 14 Tahun)

  • Anak-anak berusia 2 tahun ke atas dapat menjadi anggota Flying Blue dan bisa mengumpulkan Flying Blue Miles selayaknya orang dewasa.
  • Anak-anak berumur di bawah 5 tahun dapat terbang hanya jika didampingi oleh orang tua atau wali yang berumur minimum 18 tahun.
  • Anak-anak yang bepergian tanpa orang dewasa harus didaftarkan untuk memperoleh layanan Unaccompanied Minor.
  • Anak-anak diperkenankan untuk membawa peralatan elektronik sendiri, misalnya tablet, dan mengaturnya ke dalam mode pesawat/mematikan layanan selulernya.

Kebijakan Penumpang Hamil

  • Penumpang dengan usia kehamilan 36 minggu ke atas tidak diperkenankan untuk terbang.
  • KLM juga tidak menyarankan penerbangan untuk penumpang yang baru saja melahirkan.
  • Penumpang dengan kehamilan ganda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi sebelum terbang.
  • Penumpang dengan komplikasi kehamilan harus menyerahkan surat izin dokter sebelum terbang.
  • Kehamilan akan menghapuskan status keanggotaan di Flying Blue. Keanggotaan dapat diperoleh kembali setelah persalinan dengan menunjukkan sertifikat medis seperti akta kelahiran atau surat pernyataan dari dokter.

Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas

  • Penumpang berkebutuhan khusus harus ditemani oleh seseorang yang dapat membantunya selama penerbangan.
  • Setiap penumpang yang memerlukan pelayanan khusus dari KLM diharuskan menghubungi KLM CARES, setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan. KLM CARES dapat dihubungi melalui situs resmi KLM, telepon, maupun surat elektronik.
  • Penumpang yang menggunakan layanan maskapai rekanan KLM dan membutuhkan layanan khusus harus mengajukan permintaannya kepada maskapai tersebut setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.
  • Permintaan layanan khusus diperlukan jika penumpang ingin menggunakan kursi roda kabin, membawa kursi roda/kruk/alat bantu jalan sendiri, memerlukan pendampingan transfer penerbangan di bandara, membawa peralatan medis khusus (bahkan jika penumpang tidak menggunakannya selama terbang), atau membawa anjing pendamping ke dalam kabin. Semua pesawat KLM dan KLM Cityhopper menyediakan kursi roda kabin yang dapat dilipat.
  • Penumpang dengan pantangan makanan tertentu, membutuhkan pelayanan khusus saat terbang atau mengidap penyakit menular juga harus mengajukan permintaan layanan khusus. Toilet yang dapat diakses kursi roda terdapat di beberapa pesawat KLM, tapi staf KLM tidak bisa membantu penumpang di dalam toilet.
  • Penumpang kelas ekonomi yang memerlukan tempat duduk khusus agar bisa meluruskan kaki atau berbaring dapat memesan dua tempat duduk tambahan (khusus penerbangan Eropa), sementara penumpang dengan tujuan penerbangan lintas benua harus memesan kursi di kelas bisnis.
  • Penumpang yang membawa kursi roda sendiri harus memastikan bahwa spesifikasi kursi rodanya sesuai dengan berat dan ukuran yang diperkenankan KLM. Setiap jenis pesawat bisa memiliki ketentuan yang berbeda.
  • Penumpang dengan layanan khusus harus melakukan check-in tidak kurang dari satu setengah jam sebelum waktu check-in standar.
  • Penumpang memasuki gerbang keberangkatan sesuai waktu yang tertera pada boarding pass.
  • KLM tidak memberikan layanan khusus untuk pelancong pemula atau penumpang dengan kendala bahasa atau ketakutan pada ketinggian.

Waktu Check-in KLM

Informasi waktu check-in untuk penerbangan KLM dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner KLM. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

40 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in KLM Online

Check-in online untuk penerbangan KLM dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in KLM
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund KLM

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund KLM untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule KLM

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule KLM untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi KLM.

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

Hasil Pencarian Terlengkap

Cari tiket pesawat ke 100.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa dengan mudah. Dapatkan promo tiket pesawat Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines, All Nippon Airways dan lainnya.

Harga Jujur

Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan biaya tambahan bahan bakar.

Berbagai Pilihan Pembayaran

Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

Sistem Pencarian Cerdas

Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.