Garuda Indonesia

Cari tiket pesawat Garuda Indonesia murah dan promo di sini!

Asal
...
Tujuan
...
Pulang Pergi?
Berangkat
20 September 2018
Penumpang
1 Dewasa

Garuda Indonesia: Pengantar

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan nasional terkemuka di Indonesia yang tergabung dalam aliansi SkyTeam. Mulai mengudara sejak 1949, kini Garuda Indonesia melayani penerbangan ke 40 destinasi domestik dan 36 destinasi internasional. Maskapai penerbangan yang dulunya dikenal sebagai Garuda Indonesian Airways ini menawarkan tiga tipe kelas penerbangan bertaraf internasional, yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis dan kelas satu. Tingginya dedikasi Garuda Indonesia di industri penerbangan telah dibuktikan melalui predikat Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia yang diberikan oleh Skytrax.

Kelas Penerbangan Garuda Indonesia

Kelas Ekonomi

Penerbangan Kelas Ekonomi Garuda Indonesia pernah mendapatkan penghargaan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia dari Skytrax pada 2013. Hal ini tidak terlepas dari kualitas kenyamanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia kepada para penumpangnya di Kelas Ekonomi. Selain ruang kaki yang cukup luas kursi penerbangan Kelas Ekonomi juga dilengkapi fasilitas hiburan dan sandaran yang dapat diatur sesuai kenyamanan penumpang. Bagi penumpang dalam penerbangan yang menggunakan armada Boeing 777-300ER, mereka juga akan mendapatkan fasilitas pijakan kaki, porta USB, dan stopkontak di setiap kursinya.

Makanan di Pesawat

Garuda Indonesia menyediakan layanan makanan dalam penerbangan berdurasi lebih dari 60 menit. Untuk kelas ekonomi, penumpang bisa menikmati beragam menu makanan khas Indonesia, Eropa dan Asia, tergantung dari rute perjalanannya. Sementara untuk penerbangan berdurasi kurang dari 60 menit, penumpang kelas ekonomi akan mendapatkan makanan ringan dan air mineral. Namun, penumpang yang ingin menikmati hidangan utama selama penerbangan dapat memesannya langsung dalam penerbangan, atau hingga 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Kelas Bisnis

Kursi di penerbangan Kelas Bisnis Garuda Indonesia memiliki lebar 21,2 inci (sekitar 54 cm) dan dapat diatur menjadi tempat tidur datar untuk menjamin kenyamanan penumpang. Setiap kursi dilengkapi dengan tempat penyimpanan pribadi, porta USB, stopkontak, dan LCD layar sentuh berukuran 15 inci dari eX2 Panasonic untuk hiburan selama dalam penerbangan. Setidaknya ada 38 kursi yang tersedia di Kelas Bisnis Garuda Indonesia dengan akses langsung ke lorong pesawat dan jarak antar kursi sebesar 43 inci (sekitar 109 cm) yang menjamin privasi penumpang. Fasilitas lain yang juga dapat dinikmati oleh penumpang di Kelas Bisnis adalah bantal hypoallergenic dengan sarung berbahan katun, selimut furtex-plush, dan paket kelengkapan dasar dari L’Occitane (khusus untuk penerbangan Kelas Bisnis rute Asia – Oseania).

Makanan di Pesawat

Garuda Indonesia bekerja sama dengan koki-koki andalan restoran bintang lima untuk menyajikan sajian kuliner terbaik kepada penumpang kelas bisnis. Menu yang disajikan cukup beragam, mulai dari makanan berat, sedang, dan ringan dari berbagai negara. Khusus untuk penerbangan internasional, menu yang ditawarkan akan disesuaikan dengan rute penerbangan. Penumpang juga bisa memesan makanannya lebih awal saat pemesanan tiket, atau paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Satu

Layanan Kelas Satu Garuda Indonesia tersedia pada armada Boeing 777-300ER dengan delapan suite pribadi yang mewah, masing-masing dilengkapi dengan pintu geser untuk menjamin privasi penumpang. Dengan jarak antara kursi 82 inci (sekitar 208 cm) dan lebar 22 inci (sekitar 56 cm), setiap kursi di penerbangan Kelas Satu dapat diatur menjadi tempat tidur datar. Demi kenyamanan maksimal, Garuda Indonesia juga memberikan fasilitas matras, selimut, bantal, dan penyangga kaki (ottoman). Tak hanya itu, penumpang juga dapat menikmati fasilitas hiburan melalui LCD layar sentuh berukuran 23,5 inci, lengkap dengan remote kontrol dan headphone kedap suara. Layanan Kelas Pertama ini diberikan bahkan sebelum penumpang berada di dalam pesawat, melainkan, mulai dari akses menuju ruang tunggu bandara, prioritas bagasi dan imigrasi, hingga layanan limosin.

Makanan di Pesawat

Dimasak langsung oleh koki profesional, menu makanan yang ditawarkan di penerbangan Kelas Satu sangat beragam, mulai dari hidangan khas Indonesia, Kaiseki Jepang, Timur Tengah, hingga Eropa, yang bisa dipasangkan dengan beragam pilihan anggur, sampanye, sake, koktail, minuman beralkohol, jus segar, air mineral, minuman ringan, teh, atau kopi premium dari perkebunan Indonesia. Penumpang yang membutuhkan menu khusus dapat menghubungi Garuda Indonesia paling lambat 24 jam sebelum penerbangan.

Layanan Khusus Garuda Indonesia

GarudaMiles

Sebagai bentuk penghargaan bagi penumpang setianya, Garuda Indonesia memiliki program frequent flyer bernama GarudaMiles. Anggota GarudaMiles berhak mendapatkan miles setiap kali terbang bersama Garuda Indonesia atau maskapai penerbangan yang tergabung dengan SkyTeam. Miles (jarak tempuh) yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan tiket pesawat atau kelas penerbangan yang lebih tinggi. Anggota GarudaMiles juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya seperti konter check-in khusus di bandara, kapasitas bagasi tambahan, prioritas penanganan bagasi, prioritas daftar tunggu untuk reservasi tiket, hingga akses menuju ruang tunggu bandara Garuda Indonesia. Terdapat setidaknya empat tingkat keanggotaan GarudaMiles, yaitu Blue, Silver, Gold, dan Platinum.

Ruang Tunggu Bandara

Penumpang penerbangan Kelas Bisnis dan Kelas Satu Garuda Indonesia, serta anggota GarudaMiles berhak mendapatkan akses ke ruang tunggu bandara yang disediakan khusus oleh maskapai. Ruang tunggu tersebut hadir dalam berbagai kelas berbeda untuk menyesuaikan dengan kelas penerbangan penumpang, tapi semuanya memberikan kesempatan bagi penumpang untuk bersantai sejenak sebelum melanjutkan penerbangan. Di ruang tunggu ini, penumpang dapat menikmati beragam sajian menu khas Indonesia, mesin refleksiologi, fasilitas untuk mandi, ruang menyusui, serta fasilitas hiburan seperti televisi, buku bacaan, koran, majalah, hingga koneksi WiFi yang cepat.

SkyPriority

Sebagai salah satu anggota aliansi SkyTeam, Garuda Indonesia menawarkan layanan premium SkyPriority untuk semua penumpang yang terbang bersama maskapai anggota SkyTeam lainnya. Layanan yang diberikan meliputi prioritas area check-in, prioritas penurunan bagasi, prioritas penanganan bagasi, dan prioritas naik pesawat. Layanan ini dapat dinikmati oleh penumpang Elite Plus, Kelas Satu, dan Kelas Bisnis. Program SkyPriority dari SkyTeam telah dimulai sejak 1 Maret 2012 di Bandara International Taoyuan, Taipei. Kini, SkyPriority telah diperkenalkan di lebih dari 700 bandara di seluruh dunia.

Armada Garuda Indonesia

Boeing 777-300ER

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Kelas Satu

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 1-2-1 (Bisnis)
  • 1-2-1 (Kelas Satu)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 73 inci (Bisnis)
  • 82 inci (Kelas Satu)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Airbus A330-300

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Ekonomi)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 33 inci (Ekonomi)
  • 60 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

CRJ 1000 Nexgen

Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 30 inci (Ekonomi)
  • 32 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Garuda Indonesia

Seragam pramugari Garuda Indonesia terdiri dari atasan berupa kebaya dan bawahan batik, dengan empat warna berbeda, yaitu oranye, hijau toska, biru dan ungu. Setiap warna tersebut merepresentasikan jenjang karir pemakainya. Pramugari yang junior mengenakan seragam berwarna oranye dan hijau toska, sedangkan pramugari senior mengenakan seragam berwarna ungu dan biru. Meskipun terlihat sederhana, seragam yang merepresentasikan budaya bangsa yang beragam tersebut tetap membuat para pramugari Garuda Indonesia tampak elegan.

Kebijakan Penumpang Garuda Indonesia

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 2 Tahun)

  • Bayi berusia kurang dari 7 hari tidak disarankan untuk melakukan penerbangan bersama Garuda Indonesia.
  • Bayi prematur dapat diperbolehkan berada dalam penerbangan jika orang tuanya telah melengkapi Medical Information (MEDIF) dan melaporkannya kepada petugas Garuda Indonesia.
  • Bayi harus didampingi oleh orang dewasa untuk memangkunya. Pendamping harus berada di penerbangan, kelas, dan tujuan yang sama dengan bayi.
  • Penumpang bayi dapat menggunakan fasilitas keranjang bayi (baby basinet) yang disediakan Garuda Indonesia di dalam pesawat. Namun, bayi wajib dipangku pada saat lepas landas, mendarat, dan terjadi turbulensi.
  • Awak kabin Garuda Indonesia akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bayi.
  • Sebagian besar otoritas (keamanan bandara, imigrasi, dll) memperbolehkan penumpang untuk membawa susu formula bayi dengan jumlah tertentu ke dalam pesawat. Susu bubuk harus dikeluarkan dari bagasi dan ditunjukkan ke petugas keamanan di pos pemeriksaan.
  • Penumpang tidak diperbolehkan membawa kereta bayi (stroller) ke dalam kabin pesawat, melainkan harus masuk ke kompartemen bagasi pesawat sebagai bagasi terdaftar. Penumpang diperbolehkan menggunakan kereta bayi sampai di pintu keberangkatan.

Kebijakan Penumpang Anak (2 – 12 Tahun)

  • Anak berusia kurang dari 7 tahun tidak diizinkan melakukan penerbangan sendiri, melainkan harus didampingi oleh orang tua ataupun wali.
  • Anak berusia 7 – 12 tahun diizinkan melakukan penerbangan sendiri, kecuali pada penerbangan yang memerlukan transit.
  • Anak berusia 7 – 12 tahun yang bepergian sendirian diklasifikasikan sebagai Unacompanied Minor (UM).
  • Orang tua atau pengantar wajib menyerahkan kelengkapan dokumen yang harus dibawa oleh anak, antara lain dokumen perjalanan, paspor, sertifikat kesehatan, visa, dan lain sebagainya pada saat check-in.
  • Kru maskapai akan mendampingi UM melewati bea cukai, imigrasi, pemeriksaan keamanan, hingga ke gerbang keberangkatan.
  • Saat mendarat, awak kabin akan menyerahkan UM kepada petugas darat yang akan mendampinginya melalui proses kedatangan, sebelum dipertemukan dengan orang yang ditunjuk untuk menjemput UM di bandara tujuan.

Kebijakan Penumpang Hamil

  • Penumpang hamil harus menginformasikan kondisinya kepada pihak maskapai.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 32 minggu atau kurang harus mengisi surat pernyataan (FOI) dari Garuda Indonesia.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 32 – 36 minggu dan memiliki sejarah komplikasi harus mendapatkan persetujuan dari dokter di Garuda Sentra Medika (GSM), berupa surat Medical Information (MEDIF) Part 1, Part 2, dan FOI.
  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 36 minggu tidak direkomendasikan untuk untuk melakukan penerbangan bersama Garuda Indonesia.

Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas

  • Untuk alasan keamanan, penumpang berkebutuhan khusus harus terlebih dulu menginformasikan dan memperoleh persetujuan dari Garuda Indonesia untuk menggunakan perlengkapan medis listrik/elektronik selama penerbangan.
  • Awak kabin Garuda Indonesia akan meminta penumpang untuk mematikan peralatan medis jika dicurigai dapat mengganggu sistem pesawat.
  • Penumpang berkebutuhan khusus harus sudah familiar dengan peralatan medis yang dibawa dan diharapkan dapat mengoperasikannya sendiri karena awak kabin Garuda Indonesia tidak dilatih untuk mengoperasikannya.
  • Jika bepergian dengan membawa peralatan medis, penumpang diminta untuk menginformasikannya kepada pihak Garuda Indonesia saat melakukan pemesanan tiket.
  • Untuk beberapa kondisi, penumpang akan membutuhkan Surat Pemeriksaan Kesehatan yang dikeluarkan oleh Garuda Sentra Medika, yang berisi pernyataan kesehatan dari dokter yang ditunjuk atau ahli bedah penerbangan.

Waktu Check-in Garuda Indonesia

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Garuda Indonesia dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Garuda Indonesia. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in Garuda Indonesia Online

Check-in online untuk penerbangan Garuda Indonesia dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Garuda Indonesia
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Garuda Indonesia

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Garuda Indonesia untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Garuda Indonesia

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Garuda Indonesia untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Garuda Indonesia.

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

Hasil Pencarian Terlengkap

Cari tiket pesawat ke 100.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa dengan mudah. Dapatkan promo tiket pesawat Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines, All Nippon Airways dan lainnya.

Harga Jujur

Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan biaya tambahan bahan bakar.

Berbagai Pilihan Pembayaran

Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

Sistem Pencarian Cerdas

Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.