Beli token listrik/bayar tagihan listrik dengan cepat dan mudah di Traveloka!

Nikmati kemudahan membeli token listrik atau membayar tagihan listrik dengan menjadi member Traveloka

Token Listrik PLN: Beli Pulsa Listrik Harga Murah di Traveloka


Token Listrik

Pada listrik PLN prabayar, besaran kuota listrik akan pelanggan dapatkan setelah membeli pulsa dan mendapatkan token. Token listrik ini merujuk pada 20 digit angka yang didapatkan setelah pembelian pulsa listrik, di mana angka ini akan Anda masukkan ke unit MPB. Setelah token listrik dimasukkan ke MPB, kuota listrik Anda akan bertambah sesuai dengan jumlah pulsa yang dibeli.

Harga token prabayar saat ini tersedia dalam berbagai nilai. Harga token listrik resmi dari PLN saat ini tersedia dalam nilai berikut: Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp200.000, Rp500.000, dan Rp1.000.000. Besaran nilai tersebut terdiri dari unsur kWH, PPJ (Pajak Penerangan Jalan), dan materai.

Saat ini, token listrik PLN dapat Anda beli di berbagai agen resmi. Jika ingin cara yang lebih praktis lagi, Anda bisa membeli token listrik secara online di Traveloka.

Cara beli token listrik di Traveloka

Salah satu situs yang dapat Anda andalkan untuk membeli token listrik PLN adalah Traveloka. Sejak Desember 2017, agen travel online ini menambahkan layanan pembelian token listrik untuk memudahkan pengguna memenuhi kebutuhannya melalui transaksi online.

Pembelian token listrik di Traveloka menawarkan beragam keuntungan. Cara pakainya mudah, prosesnya cepat, pilihan pembayarannya lengkap, dan sudah pasti aman. Selain itu, biaya administrasi di Traveloka pun hanya Rp1.500 per transaksi, lebih murah dibanding situs web yang serupa. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu harus sudah memiliki akun di Traveloka.

Cara membeli token listrik di Traveloka begitu mudah dengan langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi Traveloka.com di desktop atau buka Traveloka App di ponsel Anda. Pada versi desktop, pilih menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan”, selanjutnya pilih “PLN Electricity” atau “Listrik PLN”. Menu ini terletak di sisi kanan, tepat di bawah nama akun Traveloka Anda. Khusus Traveloka App, pastikan ponsel Anda menggunakan aplikasi terbaru versi 2.19. Menu pembayaran “PLN Electricity” atau “Listrik PLN” dapat ditemukan di bawah nama akun TravelokaPay Anda.

2. Pada kotak menu yang tersedia, isilah nomor Meter Prabayar atau nomor pelanggan Anda. Selanjutnya, pilih besaran nilai token yang ingin Anda beli. Jika sudah benar, klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang” (tombol aksi berwarna oranye).

3. Apabila nomor pelanggan benar dan token tersedia, sebuah menu pop-up akan muncul menampilkan detail pesanan Anda. Periksa lagi nama, nomor meteran, nomor pelanggan, besaran nilai token, dan total harga yang Anda pilih. Apabila semua sudah sesuai, klik “Continue” atau “Lanjutkan”.

4. Selanjutnya, Anda akan masuk ke laman pembayaran. Silakan pilih metode pembayaran yang paling mudah. Metode pembayaran yang tersedia di Traveloka saat ini, antara lain UANGKU, transfer, ATM, kartu kredit, BCA Klikpay, juga bisa melalui Alfamart.

5. Segera lakukan pembayaran sebelum melewati jangka waktu yang disediakan oleh Traveloka. Setelah pembayaran berhasil, silakan tunggu konfirmasi penerimaan pembayaran. Apabila pembayaran sudah diterima oleh Traveloka, maka Anda akan mendapatkan nomor token.

Cara memasukkan token listrik

Setelah Anda menerima token listrik, langkah untuk mengisi kuota listrik selanjutnya adalah memasukkan token tersebut pada unit Meter Prabayar (MPB). Langkah mudah memasukkan token listrik adalah sebagai berikut:

1. Siapkan 20 digit token listrik yang Anda terima dari Traveloka.

2. Ketikan 20 angka tersebut pada papan tombol yang tersedia di unit Meter Prabayar Anda. Pastikan kebenaran angka yang muncul pada layar LCD. Apabila Anda keliru mengetikkan angka tersebut, tekan tombol Backspace untuk membatalkan dan memperbaikinya. Tombol Backspace berada di sebelah kiri angka 0.

3. Jika sudah benar, tekan tombol Enter untuk mengaktifkan stroom. Tombol Enter berada di sebelah kanan angka 0.

4. Apabila kode token isi ulang yang Anda masukkan sudah benar, maka layar LCD akan menampilkan tulisan “ACCEPT” atau “CORRECT” yang mengartikan bahwa token tersebut sudah benar dan diterima oleh mesin.

5. Tunggulah sebentar hingga besaran daya listrik yang Anda beli muncul, lalu ditambahkan pada sisa daya yang ada di MPB sebelum Anda mengisi ulang. Nantinya, layar LCD akan menampilkan besaran daya listrik total yang sudah digabung.

6. Apabila kode token yang Anda masukkan salah, layar LCD akan menampilkan tulisan “REJECT” atau “INCORRECT”. Jika demikian, masukkan ulang nomor token yang benar.

Sekilas tentang listrik prabayar

Konsumsi listrik PLN masyarakat Indonesia dapat dikatakan semakin tinggi, mengingat peralatan yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari semakin banyak yang membutuhkan tenaga listrik. Guna mengantisipasi pembengkakan biaya konsumsi listrik, masyarakat harus semakin pintar dalam mengelola penggunaan listriknya.

PT PLN (Persero) turut mendukung masyarakat untuk lebih bijak mengonsumsi listrik. Oleh karena itu, PLN menghadirkan layanan listrik prabayar yang juga terkenal dengan nama “Listrik Pintar”. Dengan sistem listrik prabayar, pelanggan diarahkan untuk sepintar mungkin mengendalikan konsumsi listriknya sendiri, serta menyesuaikan pada kebutuhan dan kemampuannya.

Listrik prabayar memiliki sistem kerja seperti halnya pulsa dalam ponsel Anda. Di sini, pelanggan membeli sejumlah pulsa (berupa voucher/token) di gerai yang tersedia. Pulsa ini akan memberikan kuota listrik yang dapat pelanggan gunakan sampai habis dalam jangka waktu yang tidak terikat. Kapan pun kuota listrik akan habis, pelanggan tinggal membeli pulsa listrik lagi untuk mengisi ulang kuota. Jadi, Anda tidak perlu cek tagihan listrik setiap bulannya. Pelanggan dapat mengetahui kapan kuota listriknya akan habis melalui sinyal suara (alarm) dari mesin Meter Prabayar (MPB).

Dengan menggunakan listrik prabayar, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui seberapa banyak dan seberapa lama penggunaan listriknya. Dengan demikian, pelanggan bisa mengatur sendiri jadwal dan jatah pembelian pulsa, menyesuaikan pada anggaran belanjanya. Alhasil, penggunaan listrik pun menjadi semakin optimal.