American Airlines

Cari tiket pesawat American Airlines murah dan promo di sini!

Asal
...
Tujuan
...
Pulang Pergi?
Berangkat
14 December 2018
Penumpang
1 Dewasa
Kelas Penerbangan
Economy

American Airlines: Pengantar

American Airlines adalah salah satu maskapai terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan induknya, America Airlines Group, merupakan yang terbesar di dunia dari segi armada, pendapatan dan keuntungan. Maskapai penerbangan ini adalah salah satu pendiri oneworld, aliansi maskapai terbesar ketiga di dunia. Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan ke 350 destinasi di 50 negara. Dalam operasinya, American Airlines menawarkan berbagai kelas kabin, seperti Basic Economy, Premium Economy, Business, First, Flagship Business, dan Flagship First Class.

Kelas Penerbangan American Airlines

Kelas Basic Economy

Basic Economy merupakan kelas penerbangan terendah yang dimiliki oleh American Airlines. Meskipun demikian, penumpang yang memilih kelas penerbangan ini tetap mendapatkan kursi yang nyaman, fasilitas hiburan di pesawat, serta makanan ringan. Pada umumnya, kursi penumpang akan diatur saat check-in, tetapi penumpang yang memiliki preferensi kursi tertentu bisa memesannya 48 jam sebelum keberangkatan. Kelas Basic Economy sangat cocok untuk penumpang dengan budget terbatas.

Makanan di Pesawat

Di kelas kabin ini, penumpang bisa menikmati makanan ringan ditemani teh atau air mineral pada penerbangan. Penumpang yang ingin menikmati menu lainnya bisa memesannya melalui layanan in-flight meal yang disediakan maskapai.

Kelas Premium Economy

Tersedia pada beberapa penerbangan internasional, Kelas Premium Economy menawarkan lebih banyak fasilitas dibandingkan Kelas Basic Economy. Kursi pada kabin ini lebih luas, sehingga penumpang bisa mengistirahatkan kaki mereka dengan lebih nyaman. Setiap kursi bisa diatur sesuka hati dan dilengkapi dengan sandaran kepala dan porta USB. Layanan WiFi tersedia pada penerbangan dengan biaya tertentu. Penumpang juga bisa menikmati hiburan di pesawat melalui layar LCD di depan kursi mereka.

Makanan di Pesawat

Makanan yang disajikan untuk penumpang kelas Premium Economy adalah makanan yang tak hanya lezat, tapi juga sehat. Menu yang disajikan juga beragam tergantung pada masing-masing rute. Penumpang bisa melakukan booking untuk menu makanan dimulai dari 30 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan. Apabila lupa memesan menu makanan sebelum penerbangan, penumpang tetap bisa memesan makanan lain melalui jasa in-flight meal yang disediakan oleh American Airlines.

Kelas Business

Kelas Business dapat dipilih oleh penumpang yang melakukan penerbangan internasional dengan jarak tidak lebih dari 3.000 mil. Kursi yang ditawarkan lebih lebar dengan ruang kaki yang lebih luas sehingga penumpang bisa menikmati perjalanannya dengan lebih baik. Penumpang kelas ini bisa menikmati hiburan di pesawat seperti wireless streaming (yang tersedia pada armada tertentu). Kelas kabin ini juga menyediakan bantal dan selimut serta WiFi sehingga penumpang bisa tetap terhubung dengan internet selama penerbangan.

Makanan di Pesawat

Menu yang ditawarkan di Kelas Business kurang lebih sama dengan yang ditawarkan pada Kelas Premium Economy. Penumpang juga bisa menikmati anggur dengan makanannya. Makanan di Kelas Business bisa dipesan dari 30 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Utama

Kelas Utama atau First Class merupakan kelas penerbangan tertinggi yang bisa dipilih oleh penumpang yang melakukan penerbangan ke destinasi-destinasi di Amerika Serikat. Penumpang kelas ini bisa menikmati WiFi berbayar dan hiburan di pesawat seperti wireless streaming pada armada tertentu. Selain kursi yang lebarnya mencapai 21 inci, penumpang juga dimanjakan dengan bantal empuk dan selimut.

Makanan di Pesawat

Menu yang ada pada kelas ini disajikan oleh koki andal Jullian Barsotti. Menu spesial yang disajikannya merupakan hidangan khas Italia seperti Lasagna with Sweet & Hot Pepper Crema, Cheese Cappelletti dan Grilled Chicken with Haricot Vert and Olives. Penumpang Kelas Utama juga bisa memilih anggurnya sendiri dan memesan menu dari 30 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Flagship Business

Kelas Flagship Business ditawarkan pada penerbangan internasional dan antarbenua dengan jarak tempuh lebih dari 3.000 mil. Di darat, penumpang Flagship Business mendapat akses ke ruang tunggu bandara, sementara di udara, mereka bisa menikmati WiFi gratis dan hiburan yang disempurnakan dengan headphone Bose®QuietComfort® 25 Acoustic Noise Cancelling®.

Makanan di Pesawat

Menu yang disajikan di Kelas Flagship Business merupakan kreasi dari koki andal Mark Sargeant dan Maneet Chauhan. Kedua koki pilihan ini akan memanjakan lidah penumpang dengan makanan khas Inggris yang dibuat dari bahan-bahan premium. Beberapa menu andalannya antara lain Duck Confit Pot Pie, Slow Braised Lamb Osso Buco, dan Ancient Kamut Grain Risotto. Penumpang bisa memesan makanannya dari 30 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Flagship First

Penumpang Flagship First mendapatkan fasilitas terbaik pada penerbangan American Airlines. Perjalanan penumpang menjadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan bantal, selimut dan kursi yang bisa ditidurkan, serta produk perawatan kulit dari Clarks’s Botanical dan Cole Haan. Penumpang Flagship First juga mendapat akses ke ruang tunggu bandara. Dengan fasilitas berkualitas tinggi ini, Flagship First ditujukan bagi penumpang yang mencari pengalaman terbang yang luar biasa bersama American Airlines.

Makanan di Pesawat

Menu yang disajikan pada penerbangan Flagship First dibuat oleh koki profesional Sam Choy. Penumpang bisa menikmati beragam menu dari Kepulauan Samudra Pasifik, Asia Timur dan Amerika Utara. Penumpang Flagship First bisa memesan makanan mereka dari 30 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

Layanan Khusus American Airlines

AAdvantage

American Airlines memiliki program penumpang setia yang disebut AAdvantage. Penumpang yang sudah terdaftar sebagai anggota AAdvantage bisa mengumpulkan miles setiap kali melakukan penerbangan bersama American Airlines atau maskapai lain yang merupakan anggota oneworld. Miles yang telah terkumpul bisa ditukarkan untuk penerbangan gratis, kursi pesawat tertentu pada penerbangan atau upgrade kelas penerbangan saat penumpang terbang dengan tidak hanya American Airlines tapi juga mitra maskapai lainnya. Miles juga bisa ditukarkan untuk mendapatkan fasilitas hotel, sewa mobil, dan produk ritel lainnya.

Ruang Tunggu Bandara

Maskapai penerbangan ini memiliki tiga macam ruang tunggu bandara, yakni Arrival Lounge, International First Class Lounge, dan Admiral Club Lounge. Untuk bisa menikmati fasilitas ruang tunggu ini, setiap penumpang harus terlebih dahulu menjadi anggota AAdvantage. Arrival Lounge terdapat di Bandara Internasional Heathrow, London dan bisa diakses oleh penumpang Flagship Business maupun Flagship First. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Arrival Lounge adalah kamar mandi mewah, layanan setrika, serta sarapan dan makan siang prasmanan. Sementara itu, International First Class Lounge bisa ditemukan di bandara-bandara di Chicago, Los Angeles, New York, dan Dallas. Admirals Club tersebar di 50 bandara di seluruh dunia.

Armada American Airlines

Airbus A321

Kelas penerbangan:

  • Kelas Basic Economy
  • Kelas Utama

Tata kursi:

  • 3-3 (Kelas Basic Economy)
  • 2-2 (Kelas Utama)

Jarak antar kursi:

  • 32-34 inci (Kelas Basic Economy)
  • 38 inci (Kelas Utama)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing B777-300ER

Kelas penerbangan:

  • Kelas Basic Economy
  • Kelas Business
  • Kelas Utama

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Kelas Basic Economy)
  • 1-2-1 (Kelas Business)
  • 1-2-1 (Kelas Utama)

Jarak antar kursi:

  • 31-36 inci (Kelas Basic Economy)
  • 43 inci (Kelas Business)
  • 64 inci (Kelas Utama)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing B787 Dreamliner

Kelas penerbangan:

  • Kelas Basic Economy
  • Kelas Utama

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Kelas Basic Economy)
  • 1-2-1 (Kelas Utama)

Jarak antar kursi:

  • 31-37 inci (Kelas Basic Economy)
  • 40 inci (Kelas Utama)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat American Airlines

Seragam kru American Airlines terinspirasi dari gaya pakaian pebisnis profesional. Pramugari American Airlines mengenakan blus hitam berlengan pendek dan rok selutut dalam warna yang sama. Syal merah dan biru dikalungkan di leher mereka dan pin maskapai disematkan pada dada bagian kiri. Sementara itu, pramugara maskapai ini mengenakan setelan jas berwarna hitam dipadukan dengan dasi berwarna biru.

Kebijakan Penumpang American Airlines

Kebijakan Penumpang Bayi

  • Bayi yang boleh melakukan penerbangan harus berusia sekurang-kurangnya 2 hari.
  • Bayi berusia kurang dari 7 hari yang melakukan penerbangan harus menyertakan surat keterangan dari dokter.
  • Bayi yang melakukan penerbangan harus didampingi oleh orang dewasa yang berusia minimum 16 tahun. Khusus untuk orang tua bayi, tidak ada batasan usia minimum.
  • Pendamping atau orang tua bayi harus berada di kabin yang sama dengan bayi dan memangkunya selama penerbangan.
  • Bayi harus disertakan dalam reservasi tiket dan biaya tiket untuk bayi adalah beberapa persen dari tiket orang dewasa.
  • Bayi yang melakukan penerbangan dengan destinasi di luar Amerika Serikat wajib menyertakan kelengkapan dokumen seperti orang dewasa.

Kebijakan Penumpang Anak

  • Orang tua atau wali harus memesan kursi untuk anak berusia 2 tahun atau lebih. Tarif kursi anak sama dengan tarif kursi penumpang dewasa.
  • Anak berusia antara 2 hingga 5 tahun tidak diperbolehkan melakukan perjalanan sendirian tanpa supervisi orang tua atau wali.
  • Anak yang melakukan penerbangan ke destinasi di luar Amerika Serikat harus menunjukkan kelengkapan dokumen seperti orang dewasa.
  • Anak yang berusia di atas 5 tahun tapi kurang dari 18 tahun yang melakukan penerbangan sendirian harus menyertakan surat persetujuan.
  • Anak yang berusia di atas 5 tahun tapi kurang dari 18 tahun yang diperbolehkan oleh orang tuanya untuk bepergian sendirian harus menggunakan jasa Unaccompanied Minor yang tersedia dengan biaya tambahan.
  • Dua anak dari keluarga yang sama dan berada di penerbangan yang sama hanya akan dikenakan biaya tambahan sebanyak satu kali.

Kebijakan Penumpang Hamil

  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 minggu boleh melakukan penerbangan dengan syarat membawa surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa penumpang berada dalam kondisi yang baik dan sehat untuk melakukan penerbangan.
  • American Airlines tidak memperbolehkan penumpang yang dalam 7 hari akan atau baru saja melahirkan untuk melakukan perjalanan domestik dengan durasi kurang dari lima jam.
  • Penumpang hamil yang ingin melakukan perjalanan udara harus menyerahkan sertifikat dari dokter dan dari Koordinator Bantuan Khusus, yang akan memberikan formulir pernyataan yang harus diisi oleh dokter dari penumpang yang bersangkutan.
  • Untuk penerbangan internasional, surat keterangan dari dokter yang berisi pernyataan bahwa penumpang memiliki kondisi yang cukup sehat harus diterbitkan paling lambat 48 jam sebelum keberangkatan.

Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas

  • Staf American Airlines akan membantu penumpang saat check-in dan mengantarnya ke pintu keberangkatan.
  • Penumpang yang tidak bisa menjaga diri dalam keadaan darurat harus bepergian dengan pendamping.
  • Penumpang yang membutuhkan fasilitas kursi roda, ruang yang lebih luas, bantuan mobilitas, kursi yang berdampingan dengan pendamping, dan pembongkaran dan pemasangan alat pendukung mobilitas disarankan untuk menghubungi Koordinator Bantuan Khusus untuk memesan fasilitas ini sebelum penerbangan mereka.
  • Penumpang yang bepergian dengan hewan pelayan atau konsentrator oksigen portabel harus menginformasikannya kepada maskapai setidaknya 48 jam sebelum penerbangan.
  • Penumpang yang besar tubuhnya melebihi sandaran tangan dan membutuhkan perpanjangan sabuk pengaman hari membeli kursi kedua saat pemesanan.

Waktu Check-in American Airlines

Informasi waktu check-in untuk penerbangan American Airlines dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner American Airlines. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in American Airlines Online

Check-in online untuk penerbangan American Airlines dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in American Airlines
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund American Airlines

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund American Airlines untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule American Airlines

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule American Airlines untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi American Airlines.

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

Hasil Pencarian Terlengkap

Cari tiket pesawat ke 100.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa dengan mudah. Dapatkan promo tiket pesawat Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Japan Airlines, All Nippon Airways dan lainnya.

Harga Jujur

Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan biaya tambahan bahan bakar.

Berbagai Pilihan Pembayaran

Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

Sistem Pencarian Cerdas

Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.